Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Joe Biden Janji Lanjutkan Evakuasi Pengungsi Afghanistan

Pidato Presiden difokuskan pada evakuasi warga AS dan keluarga mereka, pemohon Visa Imigran Khusus dan keluarga mereka serta warga Afghanistan yang rentan.
Presiden Amerika Serikat Joe Biden/ Bloomberg
Presiden Amerika Serikat Joe Biden/ Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden berupaya optimistis pada proses evakuasi kacau yang terjadi di bandara Kabul ketika pasukan tentara AS berjuang untuk memindahkan warga AS dan warga Afghanistan yang rentan dari negara itu.

Melansir CNN International, dalam sambutannya di Gedung Putih, Jumat (21/8/2021) waktu setempat, Biden memberikan gambaran tentang upaya evakuasi dan menceritakan upaya pasukan AS dalam evakuasi selama beberapa hari terakhir.

Sementara laporan dari lapangan menunjukkan bahwa pemandangan di luar Bandara Internasional Hamid Karzai semakin putus asa, Biden mengatakan AS melakukan salah satu pengangkutan udara terbesar dan tersulit dalam sejarah.

"Biar saya perjelas: setiap orang Amerika yang ingin pulang, kami akan membawa Anda pulang. Saya tidak bisa menjanjikan apa hasil akhirnya... atau itu akan tanpa risiko kerugian,” kata Biden.

Dia menambahkan, sebagai panglima tertinggi, dirinya berjanji akan memobilisasi setiap sumber daya yang diperlukan.

“Sebagai orang Amerika, saya mengucapkan terima kasih kepada pria dan wanita pemberani dari angkatan bersenjata AS yang menjalankan misi ini. Mereka luar biasa," kata Biden.

Pidato Presiden difokuskan pada evakuasi warga AS dan keluarga mereka, pemohon Visa Imigran Khusus dan keluarga mereka serta warga Afghanistan yang rentan.

Sementara Biden berusaha memberikan pandangan positif pada evakuasi, kenyataan di lapangan jauh lebih mengerikan. Warga Afghanistan di Kabul berjuang melawan kerumunan besar dan kekerasan untuk mencapai gerbang bandara, dan harus menunggu berjam-jam untuk masuk begitu mereka tiba.

Clarissa Ward dari CNN melaporkan tidak ada penerbangan keluar dari bandara Kabul dalam lebih dari delapan jam pada Jumat waktu setempat. Biden membahas jeda dalam sambutannya dan mengatakan penerbangan di Kabul dihentikan selama "beberapa jam pagi ini untuk memastikan kami dapat memproses para pengungsi yang tiba di titik transit."

Dia mengatakan perintah telah diberikan untuk melanjutkan penerbangan keluar, dan mengatakan AS telah mengevakuasi 5.700 orang pada Kamis.

Presiden menekankan AS melakukan segala yang bisa dilakukan untuk menyediakan evakuasi yang aman bagi sekutu Afghanistan, mitra dan warga Afghanistan yang mungkin menjadi sasaran karena hubungan mereka dengan Amerika Serikat.

“Amerika Serikat berdiri dengan komitmennya yang telah kami buat untuk orang-orang ini dan itu termasuk warga Afghanistan yang rentan lainnya seperti pemimpin perempuan dan jurnalis,” kata Biden.

Biden mengatakan AS terus melakukan kontak dengan Taliban yang bekerja untuk memastikan warga sipil memiliki perjalanan aman ke bandara.

Dia mengatakan AS telah mengomunikasikan bahwa setiap serangan terhadap pasukan AS atau gangguan operasinya di bandara akan ditanggapi dengan cepat dan kuat.

Tenda dibutuhkan untuk ribuan warga Afghanistan yang berdiri di bawah terik matahari selama berjam-jam di bandara Kabul, CNN melaporkan.

CNN telah bertemu orang-orang di bandara yang telah menunggu di sana selama dua hari. Kedutaan Besar AS memperingatkan pada Jumat pagi tentang berlanjutnya masalah keamanan untuk sampai ke bandara Kabul, dan mengatakan bahw gerbang dapat dibuka atau ditutup tanpa pemberitahuan.

Direktur komunikasi Gedung Putih Kate Bedingfield mengatakan kepada CNN pada hari Jumat bahwa Gedung Putih tidak memiliki jumlah pasti orang Amerika yang masih berada di Afghanistan, dengan mengatakan bahwa pemerintah masih berusaha untuk mempertanggungjawabkan orang Amerika yang mungkin telah meninggalkan negara itu sebelum 14 Agustus tanpa memberi tahu pihak berwenang, kedutaan AS.

Pentagon mengatakan pada hari Kamis bahwa militer AS telah meningkatkan kecepatan evakuasi. AS mengevakuasi sekitar 3.000 orang dari Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul pada Kamis, dan sekitar 14.000 orang sejak akhir Juli, menurut seorang pejabat Gedung Putih.

Biden, yang bertemu dengan staf senior di Situation Room pada Rabu, menjelaskan bahwa dia ingin setiap penerbangan yang meninggalkan bandara terisi penuh.

Militer AS berharap dapat memindahkan 5.000 hingga 9.000 orang per hari, tetapi mereka belum dapat memenuhi tujuan itu sejak proses evakuasi dimulai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Farid Firdaus
Editor : Farid Firdaus
Sumber : CNN International
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper