Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bagaimana Taliban Menyerang Afghanistan dalam Sepuluh Hari?

Ada juga laporan tentang wanita muda yang ditawarkan kepada pejuang Taliban untuk pernikahan paksa.
Pasukan Taliban berhasil menduduki Ibu Kota Afganistan, Kabul pada Minggu (15/8/2021)/DW.com
Pasukan Taliban berhasil menduduki Ibu Kota Afganistan, Kabul pada Minggu (15/8/2021)/DW.com

Bisnis.com, JAKARTA – Taliban menyapu Afghanistan hanya dalam 10 hari, menguasai kota-kota di seluruh dalamnya. Taliban merebut ibu kota provinsi pertama mereka pada 6 Agustus, dan pada 15 Agustus, mereka sudah berada di gerbang Kabul.

Serangan kilat mereka mendorong puluhan ribu orang meninggalkan rumahnya, Sebagian bertolak ke ibu kota Afghanistan, sementara Sebagian lainnya menuju negara tetangga. Dan terjadi kekacauan di Kabul, ketika Presiden Ashraf Ghani melarikan diri dari negara tersebut, ribuan warga negaranya mencoba melakukan hal yang sama.

1. Kemajuan Serangan Taliban

Didorong oleh penarikan pasukan AS dan tenaga internasional lainnya, pada bulan Juni, Taliban telah menguasai sebagian besar negara Afghanistan. Tetapi setelah 6 Agustus, kemajuan mereka dipercepat dengan momentum baru.

2. Pasukan Afghanistan Runtuh

Terlepas dari dukungan luar selama 20 tahun, pendanaan miliaran dolar, program pelatihan ekstensif dan dukungan udara AS, sebagian besar pasukan keamanan Afghanistan runtuh. Di beberapa daerah, mereka memang berdiri dan melawan. Di Lashkar Gah, pasukan Afghanistan terjepit kembali di posisi kunci, saat Taliban menyerang berulang kali.

Ratusan pasukan komando dikirim untuk memulihkan ketertiban, tetapi ketika Taliban meledakkan bom mobil besar-besaran di luar markas polisi, pada 11 Agustus, pertempuran sebagian besar telah berakhir.

Di banyak daerah, unit Afghanistan yang kehabisan amunisi dan perbekalan lainnya langsung melarikan diri. Pasukan yang dipersenjatai dan dilatih oleh AS untuk melindungi warga Afghanistan biasa membuat mereka sebagian besar berjuang sendiri. Dan di beberapa tempat, pihak berwenang setuju untuk mengizinkan Taliban mengambil alih, untuk menghindari pertumpahan darah lebih lanjut.

Di Ghazni, laporan menunjukkan kepala polisi dan gubernur keduanya diizinkan meninggalkan kota dengan imbalan menyetujui pengambilalihan Taliban. Pada 14 Agustus, Mazar-i-Sharif jatuh ke tangan Taliban, dengan sedikit perlawanan dari pasukan Afghanistan, beberapa di antaranya meninggalkan kota dan menuju perbatasan dengan Uzbekistan di Haraitan.

3. 'Bencana Kemanusiaan'

Pada 15 Agustus, 17.600 orang yang melarikan diri dari Taliban telah tiba di Kabul, dengan ribuan lainnya menyusul dan tiba setiap saat, menurut Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan. Dengan sangat sedikit dukungan dari pihak berwenang Afghanistan, banyak yang tidur nyenyak di taman dan tempat umum lainnya.

Beberapa mengatakan mereka datang dari kota-kota yang direbut di mana Taliban membunuh anggota keluarga laki-laki yang bekerja untuk pasukan keamanan, dan memberlakukan kembali pembatasan pada perempuan. Program Pangan Dunia mengatakan konflik itu memiliki "semua ciri bencana kemanusiaan".

4. Kekacauan di Kabul

Ketika Presiden Ghani melarikan diri dari negaranya (Afghanistan), staf kedutaan AS diterbangkan dengan helikopter keluar dari kompleks mereka yang dijaga ketat. Dan ribuan orang menuju ke bandara Kabul. Pejuang Taliban awalnya berhenti di luar kota, sementara pembicaraan darurat diadakan di istana presiden. Tapi mereka kemudian pindah untuk mengambil kendali penuh.

5. Masa Depan yang Tak Pasti

Niat Taliban untuk memerintah masih belum jelas dan mungkin berbeda di seluruh negeri. Laporan dari dalam wilayah yang dikuasai Taliban sejauh ini memberikan gambaran yang beragam.

Melansir dari BBC News, di Balkh, 20km (12 mil) dari Mazar-i-Sharif, mereka menemukan perempuan dan anak perempuan diperbolehkan di tempat umum tanpa pendamping, tetapi ada laporan tentang seorang wanita dibunuh karena cara dia berpakaian.

Di tempat lain, termasuk distrik utara pedesaan dekat perbatasan Tajik, para wanita mengatakan bahwa mereka sekarang dipaksa untuk menutupi diri mereka dengan burka dan tidak bisa keluar tanpa pendamping. Ada juga laporan tentang wanita muda yang ditawarkan kepada pejuang Taliban untuk pernikahan paksa. Meskipun, perwakilan Taliban di Qatar bersikeras ini adalah ‘kebohongan’.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper