Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cek Fakta : Vaksin Pneumonia dapat Mencegah Covid-19

Hingga saat ini, vaksin pneumonia seperti pneumokokus dan vaksin Haemophilus influenzae type B (Hib) belum terbukti memberi perlindungan terhadap virus corona baru, tulis dr Tommy.
Vaksin pneumonia
Vaksin pneumonia

Bisnis.com, JAKARTA – Selain obat-obatan yang ‘diklaim’ dapat mencegah Covid-19, kini ada yang merekomendasikan pemberian vaksin pneumonia untuk mencegah Covid-19. Namun, apakah vaksin pneumonia memang terbukti efektif?
 
Vaksin pneumonia merupakan vaksin yang diberikan untuk melindungi tubuh secara spesifik dari penyakit pneumonia dan penyakit infeksi lain yang disebabkan oleh Streptococcus pneumonia atau bakteri pneumokokus.
 
Secara umum,  vaksin pneumonia terdiri dari dua jenis yakni  Pneumococcal conjugate vaccine (PCV13) dan Pneumococcal polysaccharide vaccine (PPSV23). Selain itu, ada vaksin jenis lain yaitu vaksin Haemophilus influenzae type B (Hib) juga digunakan sebagai vaksin pneumonia terutama yang disebabkan oleh bakteri Haemophilus influenzae type B. Pemberian vaksin tersebut disesuaikan dengan usia dan kondisi kesehatan secara menyeluruh.
 
Pneumococcal conjugate vaccine (PCV13), biasanya diberikan kepada anak usia di bawah 2 tahun. Vaksin ini juga dapat diberikan pada anak usia di atas 2 tahun dan orang dewasa yang berisiko terkena infeksi pneumokokus. Vaksin ini mampu melindungi anak-anak dan orang dewasa dari 13 jenis bakteri pneumokokus.
 
Kemudian untuk Pneumococcal polysaccharide vaccine (PPSV23), biasanya direkomendasikan pada lansia usia 65 tahun ke atas, anak hingga dewasa usia 2 hingga 64 tahun dengan kondisi medis tertentu serta dewasa usia 19 hingga 64 tahun yang merokok. Vaksin ini mampu melindungi hingga 23 jenis bakteri pneumokokus.
 
Lantas apakah vaksin pneumonia dapat mencegah Covid-19? dr Tommy Tjhin, seorang vaksinator Covid-19 melalui laman Instagramnya @doktommy, Senin (9/8/2021) menjelaskan materi dasar vaksin pneumonia adalah untuk bakteri sedangkan SARS-CoV-2 adalah virus sehingga vaksin PCV13 maupun PPSV23 tidak dapat bekerja untuk mencegah Covid-19.
 
Hingga saat ini, vaksin pneumonia seperti pneumokokus dan vaksin  Haemophilus influenzae type B (Hib) belum terbukti memberi perlindungan terhadap virus corona baru, tulis dr Tommy.
 
Meskipun vaksin pneumonia tidak efektif terhadap Covid-19, namun dia menegaskan vaksinasi terhadap penyakit pernapasan sangat dianjurkan untuk melindungi kesehatan Anda dari bakteri pneumokokus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ni Luh Anggela
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper