Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kasus Prank Donasi Rp2 Triliun, Polri: PPATK Telusuri Rekening Akidi Tio

Hasil pemeriksaan rekening Akidi Tio nantinya akan diserahkan ke Polda Sumsel dengan pengawasan penuh dari Mabes Polri.
Keluarga Akidi Tio menyumbangkan dana sebesar Rp2 triliun untuk penanganan Covid-19 di Sumatra Selatan/Humas Polri
Keluarga Akidi Tio menyumbangkan dana sebesar Rp2 triliun untuk penanganan Covid-19 di Sumatra Selatan/Humas Polri

Bisnis.com, JAKARTA - Polri tengah menunggu hasil laporan dari Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK) untuk menindaklanjuti perkara dugaan tindak pidana penipuan yang melibatkan Heryanti Tio, putri bungsu dari Akidi Tio.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Polisi Argo Yuwono mengemukakan PPATK saat ini tengah menelusuri rekening milik Akidi Tio terkait kasus sumbangan Rp2 triliun untuk penanganan Covid-19.

Menurut Argo, setelah mendapatkan laporan PPATK, Polri akan melanjutkan kembali perkara dugaan penipuan itu.

"Iya, kami masih menunggu hasil pemeriksaan dari PPATK," kata Argo saat dikonfirmasi, Kamis (5/8/2021).

Menurut Argo, penyelidikan kasus tersebut akan dipegang sepenuhnya oleh Polda Sumatera Selatan (Sumsel). Sehingga, hasil pemeriksaan keuangan tersebut nantinya akan diserahkan ke penyidik dengan pengawasan penuh dari Mabes Polri.

Diberitakan sebelumnya, Polri menerjunkan tim pengawasan internal untuk menelusuri kejelasan perihal sumbangan Rp2 triliun untuk penanganan Covid-19 di Sumatra Selatan dari keluarga Akidi Tio.

Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Argo Yuwono mengatakan penelusuran terkait sumbangan Rp2 triliun dari keluarga Akidi Tio dilakukan karena hingga kini uang yang dijanjikan tak sesuai angka yang disebutkan.

"Berkaitan dengan Kapolda Sumatra Selatan, ini dari Mabes Polri sudah menurunkan tim internal yaitu dari Dirsus Itwasum Mabes Polri dan Paminal Div Propam Polri," kata Argo dalam konferensi pers, Rabu (4/8/2021).

Tim Inspektorat Pengawasan Umum Polri dan Divisi Profesi dan Pengamanan Polri diturunkan untuk memperjelas kasusnya seperti apa.

"Untuk melihat kejelasan seperti apa, kasus-nya bagaimana dan itu adalah ranahnya dari para klarifikasi internal," kata Argo.

Adapun pemeriksaan yang dilakukan Polda Sumatra Selatan telah meminta keterangan 5 orang yaitu anak Akidi Tio, Heryanty beserta suami dan anaknya, serta dokter pribadi keluarga dr Hardi Darmawan.

"Penyidik sedang bekerja sudah meminta keterangan kepada lima orang sementara ini, yaitu yang bersangkutan Heriyanti, Pak Hardi Darmawan dengan teman-teman, saudara yang lain yang mengetahui kasus ini," jelasnya.

Tak hanya mereka yang berkaitan langsung dengan sumbangan ini yang diperiksa, Polda juga akan menghadirkan saksi ahli. Hal ini untuk memperjelas polemik soal sumbangan itu.

"Ada juga ahli kami mintai keterangan di sana," ucap Argo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper