Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jokowi Larang Semua Menteri Ke Luar Negeri, Kecuali Menlu!

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melarang menteri Kabinet Indonesia Maju pergi ke luar negeri di tengah pandemi Covid-19, kecuali Menteri Luar Negeri. Simak penjelasan Sekretris Kabinet Pramono Anung.
Presiden Joko Widodo saat memberi pandangannya terkait SDGs pada Forum Tingkat Tinggi Dewan Ekonomi Sosial PBB (ECOSOC) secara virtual pada Selasa, 13 Juli 2021./Biro Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo saat memberi pandangannya terkait SDGs pada Forum Tingkat Tinggi Dewan Ekonomi Sosial PBB (ECOSOC) secara virtual pada Selasa, 13 Juli 2021./Biro Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melarang semua menteri kabinet untuk berkunjung keluar negeri, kecuali Menteri Luar Negeri, di saat pandemi Covid-19

Hal itu disampaikan Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Istana Negara, Jumat (16/7/2021). Kepala Negara telah memberi arahan tegas kepada seluruh jajarannya di kabinet untuk memiliki rasa kepekaan sosial dalam suasana pandemi Covid-19

"Presiden telah menegaskan bahwa dalam PPKM Darurat ini tentunya sense of crisis seluruh kementerian/lembaga, para pemimpin itu harus ada," kata Pramono Anung dalam keterangan resmi, Jumat (16/7/2021).

Pramono Anung mengatakan bahwa Presiden melarang seluruh menteri maupun kepala lembaga untuk bepergian ke luar negeri jika tidak ada hal yang bersifat khusus serta tanpa ada izin dari Presiden.

"Yang boleh bepergian ke luar negeri hanya Menteri Luar Negeri karena memang sesuai dengan bidang tugasnya. Yang lainnya, kalau ada hal yang bersifat khusus harus mendapatkan izin secara langsung dari Bapak Presiden," tegas Pramono.

Presiden Jokowi juga mengimbau kepada kementerian/lembaga untuk proaktif membuat dan memfasilitasi isolasi mandiri (isoman) bagi pegawainya yang terpapar Covid-19.

Pramono memperkirakan setiap kementerian/lembaga atau pemerintah daerah dapat memfasilitasi sekitar 300-500 pasien.

"Untuk itu, dibuat secara baik, dipersiapkan, dan kemudian nanti pemerintah juga bertanggung jawab untuk mempersiapkan seluruh obat-obatan kepada isoman yang akan bergabung itu," ucapnya.

Dari pantauan Bisnis dari awal tahun hingga Juli 2021, ada sejumlah menteri yang keluar negeri untuk keperluan dinas. Berikut daftarnya:

1. Menteri Pertahanan
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto diketahui melakukan kunjungan ke Prancis pada Juni lalu. Dalam kunjungannya, Prabowo bertemu dengan Menteri Pertahanan Perancis Florence Parly.

2.Menteri PPN/ Kepala Bappenas
Menteri PPN dan Kepala Bappenas RI Suharso Monoarfa melakukan perjalanan ke Italia dan Prancis pada bulan lalu. Di Italia, Suharso menghadiri G20 Foreign and Development Joint Ministerial Meeting and the G20 Development Ministerial Meeting di Matera, Italia, Selasa (29/6/2021).

3. Menteri Luar Negeri
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengikuti rangkaian pertemuan tingkat menteri G20. Dia melakukan beberapa pertemuan bilateral dengan mitra anggota G20 membahas kerja sama setibanya di Italia.

4. Menteri BUMN
Menteri BUMN Erick Thohir telah mengunjungi China pada 2020. Namun, dirinya kembali terbang ke Negeri Tirai Bambu pada April lalu bersama dengan Menlu Retno dan Mendag Lutfi.

Di sana, Erick bertemu dengan Mr. Ren Hongbin, Vice Chairman The State-owned Assets Supervision and Administration Commission of the State Council (SASAC) untuk membahas peningkatan kerjasama BUMN antar kedua negara.

5. Menko Perekonomian Menteri Koordinator Bidang Perekonomian
Menko Perekonomian Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melakukan kunjungan kerja selama dua hari ke Singapura pada 13 dan 14 Juli 2021. Ada beberapa agenda, salah satunya menyampaikan kerja sama internasional memulihkan ekonomi berbasis revolusi digital dan inovasi teknologi.

6. Menteri Investasi
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia diketahui berkunjung ke AS bersama rombongan yang terdiri dari Mendag Lutfi serta Ketua Umum BPP Hipmi Mardani H. Maming dan mantan anggota DPR Demokrat Michael Wattimena.

7. Menteri Perdagangan 
Menteri Perdagangan Lutfi bertandang ke luar negeri dua kali, yakni China dan AS. Ke China, April 2021, Lutfi pergi bersama Menteri BUMN Erick Thohir dan Menlu Retno. Sementara itu, dalam kunjungan kerja ke AS selama 9 hari (9-18 Juli 2021), Lutfi melakukan sejumlah pertemuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper