Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

330 Warga Jepang Positif Covid-19, 50 Ekspatriat dan Keluarganya Tinggalkan Indonesia

Setidaknya 330 warga negara Jepang di Indonesia telah tertular Virus Corona pada Rabu (14/7/2021), 14 di antaranya telah meninggal.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Sekitar 50 ekspatriat Jepang dan keluarganya dipulangkan dari Indonesia pada Rabu (14/7/2021) dengan pesawat carter menyusul lonjakan tajam varian Delta yang menular.

Pesawat All Nippon Airways, yang disewa oleh salah satu perusahaan jepang Shimizu Corp, berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta pada Rabu (15/7/2021) pagi dan tiba di Bandara Narita Tokyo pada hari yang sama, Kyodo News melaporkan Kamis (15/7/2021).

Salah satu pegawai bernama Okutsu So, yang bekerja di kantor perusahaan logistik Jepang di Jakarta, mengatakan, lebih banyak orang akan kembali ke Jepang bulan ini sebagai tanggapan atas instruksi dari kantor pusat mereka, katanya kepada NHK.

Tapi, Okutsu mengatakan dia tinggal, bersama dengan banyak pekerja yang merupakan satu-satunya ekspatriat Jepang di kantor mereka.

Sebelumnya, keluarga Okutsu berencana bergabung dengannya tinggal di Jakarta bulan depan, tetapi batal karena membawa keluarga dalam situasi saat ini sangat berisiko.

Kyodo News melaporkan, mengutip Kedutaan Besar Jepang di Jakarta, setidaknya 330 warga negara Jepang di Indonesia telah tertular Virus Corona pada Rabu (14/7/2021), 14 di antaranya telah meninggal.

Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kenji Kanasugi, menyebut kebijakan pemulangan terkait dengan program vaksinasi bagi warga Jepang yang tinggal di luar negeri.

Program tersebut akan dimulai pada 1 Agustus 2021. Maka, warga Jepang yang pulang tersebut akan dapat vaksinasi di Tanah Air mereka sendiri.

Menurut Kyodo News, Shimizu memutuskan untuk membawa kembali karyawan Jepang dan anggota keluarga mereka karena Indonesia mengalami kekurangan tempat tidur rumah sakit dan penggunaan oksigen medis di tengah lonjakan.

Perusahaan berencana untuk menyediakan vaksin Covid-19 kepada mereka yang menginginkannya begitu mereka kembali ke Jepang, dan ekspatriat Jepang yang masih tinggal juga akan pulang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.Co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper