Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Varian Delta ke Luar Pulau Jawa, Cek Kasus Covid-19 di Sumatra

Jumlah kasus Covid-19 di luar Pulau Jawa kini menjadi perhatian pemerintah, karena adanya peningkatan.
Petugas Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara, pada Kamis (20/5/2021) mengusung keranda untuk mengingatkan warga mengenai bahaya COVID-19.  (ANTARA/HO Muspika Batang Kuis)
Petugas Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara, pada Kamis (20/5/2021) mengusung keranda untuk mengingatkan warga mengenai bahaya COVID-19. (ANTARA/HO Muspika Batang Kuis)

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan varian delta Covid-19 telah menyebar ke luar Pulau Jawa.

Menurutnya, kondisi menjadi mengkhawatirkan, mengingat penyebaran varian delta Covid-19 sangat cepat menyebar. Dia juga meminta masyarakat di luar Pulau Jawa untuk mengurangi aktivitas di luar rumah.

Budi menuturkan ada 7 provinsi di luar Pulau Jawa yang menjadi perhatian yakni 5 provinsi dari Sumatra dan 2 dari Pulau Kalimantan seperti Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur.

Sementara itu, lima provinsi di Sumatra yang menjadi perhatian pemerintah yakni Riau, Kepulauan Riau, Sumatra Barat, Sumatra Selatan dan Lampung.

"Beberapa provinsi sudah sangat tinggi, karena ledakan varian Delta Covid-19 tidak merata sekarang. Awalnya terkonsetrasi di Jawa dan kini sudah menyebar ke luar Pulau Jawa," ungkapnya saat rapat dengan Komisi IX DPR RI, Selasa (13/7/2021).

Untuk mencegah penularan yang lebih masif, maka pemerintah menerapkan aturan PPKM Darurat di luar Pulau Jawa. Aturan ini berlaku pada 12 Juli-20 Juli 2021.

Masyarakat di luar Pulau Jawa, khususnya yang bekerja di perkantoran bisa melaksanakan 100 persen work work home (WFH) dan juga kegiatan belajar mengajar wajib dilakukan secara online.

Penambahan Kasus Covid-19 hanya dalam 1 hari (per 13 Juli), di luar Pulau Jawa

No.Provinsi di SumatraJumlah Kasus Baru per 13 JuliJumlah Kasus Meninggal
1.Aceh1627
2. Sumatra Utara81110
3.Sumatra Selatan77810
4.Riau61011
5. Sumatra Barat48811
6. Bangka Belitung51612
7.Bengkulu1540
8. Jambi3521
9.Lampung32540

Sumber: Tim Satgas Covid-19, Kemenkes

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper