Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PPKM Darurat, Luhut Lapor Jokowi: Semua Masih Terkendali Pak Presiden!

Soal permasalahan ketersediaan oksigen, Menko Marves juga memastikan akan terus berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat di fasilitas-fasilitas kesehatan.
Presiden RI Joko Widodo./Antararn
Presiden RI Joko Widodo./Antararn

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan melaporkan kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi bahwa upaya penanganan Covid-19 terkait PPKM Darurat berjalan dengan baik.

“Semua masih terkendali Pak Presiden [Jokowi]. Ada krisis di sana-sini, yes, tapi semua dapat diatasi dan tim bekerja sangat kompak baik dari daerah sampai pusat,” katanya dalam konferensi pers dikutip dari YouTube Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Senin (5/7/2021).

Menko Luhut menyampaikan,  bahwa ketersediaan tempat tidur yang kini menjadi momok karena terus menilis sudah mulai diatasi.

Dia mengatakan, bahwa Kementerian Kesehatan telah mendorong rumah sakit untuk melakukan konversi tempat tidur sehingga meningkatkan kapasitas menjadi 30-40 persen untuk pasien Covid-19, termasuk mendirikan rumah sakit darurat.

“Dari TNI misalnya ada 310 tempat tidur dalam tenda-tenda darurat yang kita gunakan juga seperti di RSPAD itu akan digelar mulai hari ini dan terus ke depan,” kata Luhut.

Kemudian, terkait permasalahan ketersediaan oksigen, Menko Marves juga memastikan akan terus berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat di fasilitas-fasilitas kesehatan.

Bahkan, dia mengatakan bahwa opsi impor oksigen juga telah ditempuh pemerintah.

“Misalnya oksigen, memang di beberapa tempat ada yang kurang tapi segera kita atasi dan kita malah sudah mengimpor, sekarang on going,” katanya.

Kemudian, pemerintah melalui Kemenkes dan platform telemedicine juga mengupayakan pemberian konsultasi hingga obat gratis bagi pasien positif yang melakukan isolasi mandiri di rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper