Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Abai, 265 Pasien Covid-19 Meninggal Saat Isolasi Mandiri

265 korban jiwa tersebut tersebar di 47 Kota dan Kabupaten dari 10 Provinsi yakni DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Lampung, Kepulauan Riau, Riau, dan NTT.
Perempuan sedang isolasi mandiri di rumahnya
Perempuan sedang isolasi mandiri di rumahnya

Bisnis.com, JAKARTA -- Tim LaporCovid-19 mencatat 265 orang meninggal saat melakukan isolasi mandiri alias isoman. Angka itu diperoleh berdasarkan laporan langsung warga, penelusuran media sosial l, hingga pemberitaan media massa.

Adapun sebanyak 265 korban jiwa tersebut tersebar di 47 Kota dan Kabupaten dari 10 Provinsi yakni DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Lampung, Kepulauan Riau, Riau, dan NTT. 

Provinsi yang terekam cukup banyak mengalami kematian di luar RS adalah Jawa Barat sejumlah 97 kematian dari 11 kota dan kabupaten. Sementara, temuan provinsi dengan sebaran terbanyak yakni ada di Jawa Tengah yang kejadiannya muncul di dua belas kota dan kabupaten. 

"Kondisi ini menunjukkan bahwa pemerintah abai dalam memenuhi hak atas kesehatan warganya di masa pandemi, seperti yang dijamin oleh Undang-undang Kekarantinaan Kesehatan No. 6 Tahun 2018," demikian ditulis dari keterangan resmi LaporCovid-19, Sabtu (3/7/2021).

Menurut mereka, UU ini menjamin bahwa di masa pandemi, setiap warga negara berhak mendapatkan layanan medis yang semestinya. Adanya ratusan warga yang meninggal saat isoman juga  bagian dari pelanggaran hak asasi manusia yang dijamin dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Seperti diketahui, penambahan kasus konfirmasi positif virus Corona (Covid-19) pada hari ini, Jumat (2/7/2021) mencatat rekor lagi yaitu mencapai 25.830 orang.

Dengan penambahan tersebut, maka Satgas Penanganan Covid-19 mencatat total kasus positif sampai dengan hari ini menembus angka 2.228.938 kasus.

Untuk kasus sembuh, Satgas mencatat adanya penambahan 11.578 orang, sehingga totalnya menjadi 1.901.865 orang yang sembuh dari Covid-19.

Adapun, kasus meninggal akibat Covid-19 bertambah 539 orang pada hari ini sehingga totalnya telah menembus 59.534 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper