Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wapres Maruf Ungkap Strategi Pemerintah Tingkatkan SDM Papua

Ada tujuh sektor strategis yang menjadi program quick wins pada 2021-2022 untuk membangun kesejahteraan masyarakat Papua.
Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan sambutan pada acara Bedah Buku Darul Misaq: Indonesia Negara Kesepakatan, secara daring dari Jakarta, Senin (7/6/2021)./Antara/Asdep KIP Setwapres
Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan sambutan pada acara Bedah Buku Darul Misaq: Indonesia Negara Kesepakatan, secara daring dari Jakarta, Senin (7/6/2021)./Antara/Asdep KIP Setwapres

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan peningkatan sumber daya manusia di Papua dan Papua Barat menjadi salah satu prioritas nasional.

Program percepatan (quick wins) ini sebagai tindak lanjut Inpres Nomor 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.

Terdapat tujuh sektor strategis yang menjadi program quick wins pada 2021-2022 untuk membangun kesejahteraan masyarakat Papua, yaitu pertama, di bidang pendidikan, melalui Papua Pintar, yang membutuhkan dukungan dari universitas.

Kedua, Papua Sehat sebagai solusi atas permasalahan sulitnya akses masyarakat Papua terhadap fasilitas dan layanan kesehatan.

“Ini antara lain, peningkatan RSUD di 7 wilayah adat, pengembangan infrastruktur Papua, penguatan puskesmas, dan penampungan anak terlantar,” jelas Wapres saat menerima audiensi dari jajaran civitas akademika Universitas Cenderawasih Jayapura Papua melalui konferensi video pada Selasa (22/6/21), seperti dikutip dari keterangan pers.

Ketiga, Papua Mandiri, berupa pengembangan komoditas unggulan yang mencakup kawasan wisata dan pengembangan usaha masyarakat Papua. Salah satu di antaranya adalah penetapan Sail Teluk Cenderawasih 2023.

Keempat, Papua Tersambung, merupakan upaya konektivitas jalur di Papua. Di antara proyek besarnya adalah jembatan udara, peningkatan jaringan dari Palapa Ring Timur, trans Papua ke sentra ekonomi, dan pembangunan beberapa depo di sentra ekonomi.

Kelima, Papua Terang, upaya Pemerintah di dalam memberikan akses listrik di seluruh pelosok tanah Papua, serta bekerja sama dalam membangun energi baru terbarukan dengan stakeholder terkait.

Program quick wins keenam, Papua Berkarya, menjadi langkah Pemerintah dalam memajukan sumberdaya manusia Papua untuk mampu berkarya di industri nasional.

“Seribu anak Papua di BUMN sudah dimulai dan dilaksanakan, kemudian afirmasi penerimaan CPNS di kementerian/lembaga, dan Seribu anak magang PNS Papua di kementerian,” paparnya.

Selanjutnya, program terakhir dari serangkaian quick wins yang direncanakan Pemerintah, yaitu Papua Bangga, mengangkat aspek sosial-budaya Papua yang menjadi ciri khas tanah Papua.

“Pembangunan rumah budaya Papua, pusat diklat berbasis lembaga keagamaan, manajemen talenta Papua, industri bio creative hub, ini masuk disini semua,” jelas Wapres.

Sebelumnya, Rektor Universitas Cenderawasih, Apolo Safanpo, menegaskan bahwa Universitas Cenderawasih siap berkontribusi dan akan mendukung berbagai upaya yang dilakukan Pemerintah dalam membangun kesejahteraan di Papua.

“Kami menyampaikan Universitas Cenderawasih siap mendukung penuh implementasi program pembangunan kesejahteraan, sarana prasarana, sumber daya manusia, kami siap mendukung,” tegas Apolo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nindya Aldila
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper