Rayakan HUT, BNI Tanam Ribuan Pohon

BNI mengajak pegawainya yang dikenal dengan BNI Hi-Movers untuk menanam 7.500 pohon sebagai bagian dari aksi change movement di program inisiatif one tree one employee.
Gedung BNI/Istimewa
Gedung BNI/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. semakin mendekat kepada alam di perayaan Hari Ulang Tahun atau HUT-nya yang ke-75, karena perusahaan menyadari keberlangsungan usaha tidak akan lepas dari kelestarian alam.

Dalam rangkaian perayaan HUT ke-75, BNI mengajak pegawainya yang dikenal dengan BNI Hi-Movers untuk menanam 7.500 pohon sebagai bagian dari aksi change movement di program inisiatif one tree one employee.

Royke Tumilaar, Direktur Utama BNI, mengatakan bahwa setiap pegawai BNI akan menanam pohon di rumahnya masing-masing dengan bibit yang disediakan oleh kantor pusat dan daerah. Untuk menukar bibit, pegawai harus menyertakan 10 sampah plastik yang nantinya didaur ulang di recycling center agar bisa menjadi barang dengan manfaat dan memiliki nilai ekonomi.

Dalam kegiatan itu, BNI Hi-Movers pun dibebaskan untuk mengambil inisiatif membeli sendiri tanaman yang ingin ditanam.

“Setiap pohon memiliki nomor, sehingga jumlah pohon yang ditanam benar-benar diketahui. Kami berharap change movement ini dapat menginspirasi masyarakat untuk mendukung gerakan pengurangan emisi karbon. Kami ingin perayaan HUT kali ini juga berarti bagi alam,” katanya, Sabtu (12/6/2021).

Ketua Panitia HUT ke-75 BNI Efrizal mengatakan bahwa selain menanam pohon di lingkungan rumah, BNI juga siap menanam 750 bibit bakau di Tarumajaya Mangrove Bekasi, Jawa Barat pada 26 Juni 2021. Perusahaan juga akan menginisiasi pelestarian terumbu karang di Likupang, Manado pada 22 Juni 2021.

Rayakan HUT, BNI Tanam Ribuan Pohon

Sementara itu, Founder Kertabumi Recycling Center Ikbal Alexander mengatakan bahwa mencintai bumi bisa diwujudkan dengan berbagai kegiatan daur ulang yang paling mudah dilakukan. Pertama, berkebun dengan memanfaatkan sampah di rumah, seperti regrow tanaman herbal, bawang-bawangan, umbi-umbian sayuran daun hijau, hingga jahe-jahean.

Kedua, bisa juga menggunakan wadah atau botol plastik bekas untuk berkebun, seperti pengusir hama dengan cangkang telur, pupuk cair air cucian beras, sampai pemanfaatan limbah kulit jagung menjadi wadah makanan pengganti styrofoam.

“Bisa juga dengan melakukan pengelolaan sampah anorganik dengan metode padat karya dan metode padat modal,” tuturnya dalam webinar series BNI CorpU bertema Effective & Easy Recycling at Home and Office.

Pada acara yang sama, Miss Earth 2019 Cinthia Kusuma Rani mengatakan bahwa kegiatan regrow dengan sisa sayuran adalah satu dari banyak hal mudah yang bisa dilakukan untuk daur ulang di rumah, terutama di masa pandemi.

Regrow ternyata memang semudah itu. Hanya tinggal dimasukan ke dalam air, daun bawang tumbuhnya bisa sangat cepat, bisa semudah itu kita melakukan tanaman hidroponik menggunakan air di rumah,” ujarnya.

BNI GREEN BANKING

Sebagai pelopor Green Banking, BNI senantiasa berkomitmen menjaga kelestarian alam dan keberlangsungan lingkungan. Salah satu contoh sukses bantuan CSR yang dilakukan perusahaan adalah program hutan organik dari Bambang Istiawan.

Bambang berhasil menghijaukan lahan kritis di wilayah Megamendung, Jawa Barat, dan memperoleh apresiasi dari BNI berupa dana bantuan senilai Rp430 juta.

Dana tersebut siap digunakan untuk memenuhi kebutuhan kebun bibit, serta pengembangan sarana dan prasarana hutan organik di Kawasan Megamendung, Jawa Barat. Bantuan CSR itu juga diharapkan dapat memperluas lahan yang akan dihijaukan dari yang saat ini 27 hektar dengan berbagai pohon.

Selain terus berusaha menghijaukan lahan kritis di daerah Puncak, Bambang juga membentuk kelompok tani hutan organik yang tujuannya untuk menyadarkan warga sekitar agar ikut menjaga dan mempertahankan lahan hijau agar tetap lestari.

Tidak hanya mendorong perekonomian desa melalui BUMDes, BNI juga turut membangun sumber energi bersih bagi masyarakat Desa Sanankerto, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Selain itu, BNI melakukan pembibitan 10.000 pohon di sepanjang daerah aliran sungai Citarum di Bandung dan Cijeruk. BNI juga bekerja sama dengan BUMN, WWF, dan Taman Nasional Ujung Kulon untuk menjaga kelestarian Badak Jawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper