Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prakiraan Cuaca Indonesia, BMKG: Waspada Hujan Lebat Disertai Petir

Sejumlah daerah di Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang. BMKG mengimbau masyarakat agar waspada.
Logo Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG)/Antara
Logo Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG)/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa daerah di Indonesia.

Oleh karena itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi cuaca tersebut.

Berdasarkan data yang dihimpun Antara dari laman resmi BMKG, Jakarta, Jumat, potensi cuaca tersebut terdapat di Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Yogyakarta.

Kemudian, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Sementara wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang yakni Aceh, Sumatera Barat, DKI Jakarta, dan Jawa Timur.

BMKG juga mengimbau masyarakat untuk mewaspadai gelombang tinggi 2,5-4 meter di Perairan Barat Aceh, Perairan Barat Pulau Simeulue hingga Kepulauan Mentawai, Perairan Utara Sabang, Perairan Enggano - Bengkulu, Perairan Barat Lampung, Samudra Hindia Barat Sumatra.

Kemudian, Selat Sunda Bagian Barat Dan Selatan, Perairan Selatan Jawa hingga Pulau Sumba, Selat Bali-Lombok-Alas Bagian Selatan, Samudra Hindia Selatan Jawa hingga Pulau Sumba, Perairan Selatan Kepulauan Tanimbar, dan Laut Arafuru bagian Barat dan Tengah.

BMKG mengimbau untuk memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran, yakni pada perahu nelayan, kapal tongkang, kapal Ferry, dan kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar.

Masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi, diimbau untuk selalu waspada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper