Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CDC Longgarkan Rekomendasi Kunjungan ke 110 Negara, Indonesia di Level 3

Peringkat baru CDC itu termasuk 61 negara yang diturunkan dari peringkat "Level 4" atau yang tertinggi. Pada level tersebut tidak disarankan bagi individu untuk berkunjung meski telah divaksinasi.
Ilustrasi/cdc.gov
Ilustrasi/cdc.gov

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS) melonggarkan rekomendasi perjalanan ke 110 negara dan wilayah, termasuk Jepang, menjelang Olimpiade.

Peringkat baru CDC itu termasuk 61 negara yang diturunkan dari peringkat "Level 4" atau yang tertinggi. Pada level tersebut tidak disarankan bagi individu untuk berkunjung meski telah divaksinasi, menurut badan itu seperti dikutip ChannelNewsAsia.com, Rabu (9/6/2021).

Sebanyak 50 negara dan wilayah tambahan telah diturunkan ke "Level 2" atau "Level 1", kata juru bicara CDC. Negara-negara dengan peringkat terendah untuk risiko Covid-19 sekarang termasuk Singapura, Israel, Korea Selatan, Islandia, Belezia, dan Albania.

Di antara negara yang sekarang terdaftar di "Level 3", adalah Prancis, Ekuador, Filipina, Afrika Selatan, Kanada, Meksiko, Rusia, Spanyol, Swiss, Turki, Ukraina, Honduras, Hongaria, dan Italia seperti dikutip ChannelNewsAsia.com, Rabu (9/6/2021).

Departemen Luar Negeri AS menyatakan telah memperbarui rekomendasinya untuk mencerminkan pembaruan metodologi baru-baru ini.

Akan tetapi, departemen itu mencatat tidak semua peringkat direvisi karena faktor lain termasuk "ketersediaan penerbangan komersial, pembatasan masuknya warga negara AS, dan hambatan untuk mendapatkan hasil tes Covid-19 dalam waktu tiga hari.

Departemen itu kemudian melonggarkan rekomendasi perjalanan ke 85 negara dan wilayah, termasuk Jepang.

Pada 24 Mei, Departemen Luar Negeri telah mendesak agar tidak bepergian ke Jepang, dengan alasan adanya gelombang baru kasus Virus Corona sebelum Olimpiade Tokyo dimulai pada 23 Juli.

Peringatan Departemen Luar Negeri itu mendorong Gedung Putih untuk menegaskan kembali dukungannya terhadap rencana Tokyo untuk menyelenggarakan Olimpiade pada musim panas ini dan untuk atlet AS yang bersaing di sana meskipun ada gelombang infeksi baru dan tingkat vaksinasi yang rendah di negara tuan rumah.

Penonton asing dilarang masuk dan penyelenggara diharapkan membuat keputusan akhir bulan ini tentang penonton domestik.

CDC menyatakan perubahan itu terjadi setelah merevisi kriteria pemberitahuan kesehatan perjalanan. Badan itu menegaskan bahwa mereka juga merevisi peringkatnya untuk Amerika Serikat menjadi "Level 3" dari "Level 4".

Negara lain yang diturunkan ke "Level 3" termasuk Honduras, Indonesia, Yordania, Libya, Panama, Polandia, Denmark dan Malaysia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper