Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HUT Ke-75, SPS Dorong Penguatan Jurnalisme Berkualitas

Pandemi Covid-19 menguji eksistensi pers di Indonesia hingga titik terdalam. Para pengelola perusahaan pers berjibaku mencari cara yang tepat untuk mempertahankan eksistensinya.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Serikat Perusahaan Pers atau SPS memperingati usia 75 tahun pada Selasa (8/6/2021). Serikat mendorong awak media terus menghasilkan jurnalisme berkualitas.

Ketua Harian SPS Pusat Januar P. Ruswita mengatakan pandemi Covid-19 menguji eksistensi pers di Indonesia hingga titik terdalam.

Para pengelola perusahaan pers dalam negeri berjibaku mencari cara yang tepat untuk mempertahankan eksistensinya, sekaligus berupaya keras merawat jurnalisme berkualitas atau good journalism.

SPS, kata dia, yakin dengan terus memperkuat jurnalisme yang berkualitas, pers nasional akan selalu mendapat tempat di hati publik. Dengan kata lain, publik akan memperoleh pencerahan dari mengonsumsi informasi melalui media arus utama.

Upaya ini juga akan berdampak pada kian sehatnya demokrasi di Tanah Air, karena publik terbiasa mendiskusikan wacana-wacana yang produktif dari media arus utama serta jauh dari hoaks.

"Inilah substansi yang ingin disampaikan SPS kepada publik pada peringatan usia ke-75, 8 Juni 2021 ini," kata Januar dalam keterangan resmi, Selasa (8/6/2021).

Menurut Januar good journalism adalah pilihan paling obyektif bagi keberlanjutan industri pers yang berkualitas, bermartabat sekaligus sehat secara bisnis.

SPS juga mendorong Negara agar ikut terlibat dalam memperkuat ketahanan pers nasional melalui perlindungan terhadap keberlanjutan industri pers nasional, dengan menerapkan kebijakan yang adil terhadap bisnis platform.

Apalagi, lanjutnya, platform digital global telah mengancam eksistensi pers nasional dengan menggerogoti kue iklan media nasional.

Peringatan 75 tahun Serikat Perusahaan Pers (SPS) akan diisi dengan serangkaian kegiatan yang mengangkat tema Good Journalism For Our Nation.

"Tema ini kami angkat sebagai bentuk komitmen SPS Pusat untuk terus mengawal industri ini melewati berbagai macam tantangan dan rintangan demi keberlanjutan industri pers di masa depan," imbuh Ketua Panitia HUT 75 Tahun SPS Syamsudin H. Sutarto.

Sejumlah kegiatan telah disiapkan seperti seminar nasional Masa Depan Pers dalam Pandangan 4 Pilar Demokrasi. Kemudian penerbitan Buku '75 Tahun SPS: Jalan Panjang Merawat Jurnalisme yang Sehat dan Mandiri', serta SPS Awards sebagai apresiasi melalui kompetisi website korporasi dan lembaga pemerintah dan Lifetime Achievement bagi tokoh pers.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rayful Mudassir
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper