Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Joe Biden akan Temui Erdogan dan Putin Pekan Depan, Bahas Apa?

Presiden Amerika Serikat Joe Biden, bersama istrinya, Jill Biden, juga akan bertemu dengan Ratu Elizabeth II dan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson.
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden./Antara-Reuters
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden./Antara-Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Amerika Serikat Joe Biden akan melakukan perjalanan perdananya ke Eropa pekan depan dan dijadwalkan menemui sejumlah kepala negara.

Dilansir Al Jazeera, Kamis (4/6/2021), Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki mengatakan Biden antara lain akan bertemu Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Ratu Inggris Elizabeth II, dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Dia mengatakan Biden akan melakukan perjalanan ke Eropa untuk berpartisipasi dalam KTT G7, NATO, dan Uni Eropa mulai 10 Juni. Biden akan mengakhiri kunjungan pertamanya ke luar negeri dengan pertemuan tatap muka dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Jenewa pada 16 Juni.

Biden, bersama istrinya, Jill Biden, akan bertemu dengan Ratu Elizabeth II yang baru saja menjanda untuk memberi penghormatan di Kastil Windsor, pada 13 Juni. Selain itu, Biden akan bertemu dengan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson pada 10 Juni sebelum KTT G7 di Cornwall, Inggris pada 11-13 Juni.

Saat bertemu dengan Ratu Elizabeth, Biden akan mendorong kerja sama yang berkelanjutan dalam memerangi pandemi virus Corona, mendorong pemulihan ekonomi global, dan mengubah agenda multilateral G7 untuk mengatasi perubahan iklim.

Sementara itu, Joe Biden akan bertemu Presiden Turki Erdogan di sela-sela KTT NATO di Brussels pada 14 Juni. Kedua pemimpin direncanakan membahas berbagai masalah bilateral dan regional. Pihak Turki telah menyampaikan bahwa ingin ada hubungan yang lebih baik antara kedua negara demi mengakhiri dukungan AS untuk Unit Perlindungan Rakyat (YPG) yang dipimpin Kurdi di Suriah.

“Perjalanan ini akan menyoroti komitmen Amerika untuk memulihkan aliansi kami, merevitalisasi hubungan Transatlantik, dan bekerja sama erat dengan sekutu dan mitra multilateral kami untuk mengatasi tantangan global dan mengamankan kepentingan Amerika dengan lebih baik,” kata Jen Psaki dikutip dari Al Jazeera, 

Saat di Brussels, Biden juga akan bertemu dengan Raja Belgia Philippe dan Perdana Menteri Alexander De Croo.

Adapun saat bertemu dengan Putin, Joe Biden bakal menyinggung pembaruan perjanjian senjata nuklir dan mengungkit dugaan serangan siber dan campur tangan Rusia dalam Pemilu AS. Biden diperkirakan akan mempersoalkan pula peningkatan pasukan tempur Rusia di sepanjang perbatasannya dengan Ukraina dan nasib tokoh oposisi Rusia Alexey Navalny.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper