Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenhub Buka Program Studi S2 Terapan Pelayaran

Kemenhub membuka program studi S2 Terapan di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta dengan pendaftaran dimulai sejak awal Mei 2021 hingga Juli 2021.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat melakukan kunjungan kerja ke Medan, Sumatera Utara./Kemenhub
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat melakukan kunjungan kerja ke Medan, Sumatera Utara./Kemenhub

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah membuka program studi S2 (Pascasarjana) Terapan di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta. Kegiatan perkuliahan akan dimulai pada Agustus 2021.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pendaftaran program Magister Terapan tersebut telah dibuka sejak awal Mei 2021 hingga Juli 2021 yang terbagi dalam tiga gelombang.

“Program Magister Terapan di bidang Pelayaran ini adalah yang pertama ada di Indonesia. Keberadaan prodi ini diharapkan semakin meningkatkan kualitas SDM Maritim Indonesia,” katanya dalam siaran pers yang dikutip, Rabu (2/6/2021).

Budi menjelaskan pembukaan prodi magister terapan di bidang pelayaran ini akan dijadikan proyek percontohan bagi sekolah tinggi di sektor lainnya yakni darat, udara dan perkeretaapian, yang ada di bawah pengelolaan Badan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Kemenhub.

Sementara itu, Widyaiswara Ahli Utama Kemenhub Sugihardjo berharap pembukaan prodi magister terapan di sektor pelayaran ini dapat memenuhi kebutuhan pasar kerja di sektor pelayaran baik domestik maupun internasional.

"Visi dari dibukanya program ini adalah menjadikan program studi magister terapan ini bertaraf internasional yang menghasilkan SDM perhubungan yang profesional," ujarnya.

Lebih lanjut dia menuturkan, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 001/D/O/2021 tentang Izin Pembukaan Program Studi Magister Terapan di STIP Jakarta, ada dua Program Studi yang dibuka yaitu prodi Pemasaran, Inovasi dan Teknologi Program Magister Terapan (M.Tr.M) dan Teknik Keselamatan dan Resiko Program Magister Terapan (M.Tr.T). Kedua prodi tersebut ditempuh selama empat semester dengan total Satuan Kredit Semester (SKS) sebanyak 48 dan 49.

"Dengan dibukanya dua prodi magister terapan di STIP Jakarta, akan memberikan kesempatan kepada dosen dan Pegawai di sektor transportasi Laut untuk melanjutkan jenjang pendidikan S-2 yang linier dengan latar belakang pendidikan dan tugas kedinasannya," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmi Yati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper