Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Besok, Kemenag Umumkan Keputusan Resmi soal Haji 2021

Kemenag dan Komisi VIII DPR RI sepakat bahwa pengumuman resmi terkait penyelenggaraan ibadah haji 2021 akan disampaikan Kamis (2/6/2021) besok.
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas / Dok. Kemenag
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas / Dok. Kemenag

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah akan mengumumkan keputusan penyelenggaraan ibadah haji 1442 H / 2021 M, Kamis (3/6/2021) besok.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan Kemenag telah melakukan pembahasan terkait pelaksanaan ibadah haji 2021 dengan Komisi VIII DPR. Meskipun demikian, dia mengungkapkan bahwa keputusan resmi baru akan diumumkan besok.

"Tadi bersama seluruh anggota komisi VIII, tadi sudah bicara, mendiskusikan pelaksanaan ibadah, mulai dari A sampai Z. Kita berkesimpulan, karena harus ada yang kita tata terlebih dahulu, insya Allah besok siang kami akan umumkan secara resmi di Kantor Kemenag, di Thamrin," kata Menag usai menggelar rapat tertutup bersama Komisi VIII DPR, di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/6/2021) seperti dilansir dari laman resmi Kemenag.

Lebih lanjut, Menag meminta agar kalangan media untuk bersabar terkait keputusan resmi penyelenggaraan haji 2021.

"Nanti undangan kita sampaikan ke kawan-kawan media. Jadi mohon dipahami, sabar sebentar. Sabar itu baik," ucapnya.

Menag menuturkan, Kemenag dan Komisi VIII DPR RI sepakat bahwa pengumuman resmi terkait penyelenggaraan ibadah haji ini akan disusun dengan komprehensif agar masyarakat dapat memahami keputusan pemerintah secara utuh.

"Besok akan disampaikan ke publik. Harus ditata agar jangan sampai salah yang disampaikan ke publik, harus benar dan transparan," ungkapnya.

Hal senada disampaikan Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto. "Tadi saya memimpin rapat secara tertutup. Berbicara dari hati ke hati. Besok kami dengan Menag akan mengumumkan tentang pelaksanaan haji tahun ini. Sama, semua sudah kami bahas dari A sampai Z," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Menag menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membahas nasib penyelenggaraan ibadah haji 2021. Hal itu dilakukan setelah kerajaan Arab Saudi tak kunjung menyampaikan kepastian terkait kuota untuk jemaah haji dari Indonesia yang bisa diberangkatkan ke Tanah Suci.

"Presiden Jokowi bertemu Menlu dan Menag, jam 12," ujar salah satu sumber istana saat dihubungi, Rabu (2/6/2021).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper