Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sembilan Orang Tewas Akibat Aksi Penembakan Brutal di California

Penembakan terjadi sekitar pukul 6.30 pagi waktu setempat di sebuah fasilitas yang menyimpan kereta dan berfungsi sebagai pusat kendali transit, di San Jose, California.
Ilustrasi penembakan/Antara
Ilustrasi penembakan/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Aksi penembakan secara brutal di halaman kantor pemeliharaan rel di San Jose, California, Rabu (26/5/2021) pagi waktu setempat, menewaskan sedikitnya sembilan orang, termasuk pelaku penembakan.

Pihak berwenang mengatakan bahwa banyak orang yang terluka dan penembaknya adalah pegawai Otoritas Transportasi Valley (VTA), yang mengoperasikan fasilitas kereta ringan di Silicon Valley. Aparat keamanan mengatakan motifnya sedang diselidiki.

Penembakan terjadi sekitar pukul 6.30 pagi waktu setempat di sebuah fasilitas yang menyimpan kereta dan berfungsi sebagai pusat kendali transit. Pihak berwenang mengatakan bahwa para korban termasuk karyawan fasilitas tersebut.

“Para korban ini adalah pahlawan selama Covid-19. Bus tidak pernah berhenti berjalan, VTA tidak berhenti berjalan," kata Cindy Chavez, pengawas wilayah Santa Clara seperti dikutip TheGuardian.com, Kamis (27/5/2021).

Para anggota keluarga telah berdatangan ke sebuah ruang balai kota untuk melihat jenazah sanak saudara maupun keluarga mereka yang meninggal.

"Mereka hanya duduk dan berpegangan tangan dan menangis," kata Jeff Rosen, jaksa wilayah Santa Clara menjelaskan di tempat kejadian.

Dia menggambarkan kejadian itu mengerikan. Mereka kehilangan suami, putra mereka, saudara laki-laki mereka. Dia mengatakan sekitar 100 orang berada di gedung itu.

Petugas polisi San Jose dan deputi sheriff memasuki fasilitas tersebut ketika penembakan masih berlangsung, menurut pihak berwenang. Sheriff Santa Clara county, Laurie Smith, menambahkan bahwa setidaknya satu alat peledak telah ditemukan dan anjing-anjing pelacak bom sedang menggeledah gedung.

Departemen sheriff mengonfirmasi dalam konferensi pers bahwa mereka sedang menyelidiki apakah penembakan itu terkait dengan satu atau lebih kebakaran yang terjadi di San Jose sekitar waktu yang sama.

Pemadam kebakaran San Jose menanggapi kebakaran rumah besar pada pukul 6.36 pagi, dan kebakaran lain di area komersial pada pukul 6.26 pagi. Keduanya dilaporkan beberapa saat sebelum penembakan di lokasi yang berjarak beberapa menit berkendara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper