Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Betulkah Isu Radikalisme untuk Lumpuhkan KPK? Ini Menurut Busyro Muqoddas

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Alexander Marwata mengatakan pegawai KPK dituntut tidak hanya memiliki kemampuan dan keahlian namun mereka harus setia pada Pancasila dan tak terkait radikalisme hingga organisasi terlarang.
Gedung KPK/Antara-Hafidz Mubarak A
Gedung KPK/Antara-Hafidz Mubarak A

Bisnis.com, JAKARTA - Eks-pimpinan KPK Busyro Muqoddas menilai isu radikalisme merupakan bagian dari upaya untuk melumpuhkan KPK.

Hal itu disampaikan Busyro mengomentari pernyataan Wakil Ketua KPK Alexander Marwata dalam jumpa pers usai pembahasan nasib 75 pegawai KPK yang tidak lolos tes wawasan kebangsaan.

"Ini langkah busuk dan merupakan strategi untuk melumpuhkan KPK dan SDM unggulan," kata Busyro dalam keterangan tertulisnya, Rabu 26 Mei 2021.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Alexander Marwata mengatakan pegawai KPK dituntut tidak hanya memiliki kemampuan dan keahlian namun mereka harus setia pada Pancasila dan tak terkait radikalisme hingga organisasi terlarang.

"KPK harus berkualitas karena itu KPK terus berusaha membangun sumber daya manusia tidak hanya aspek kemampuan tapi juga aspek kecintaan kepada tanah air, bela negara, kesetiaan kepada Pancasila, UUD, NKRI, dan pemerintah yang sah dan bebas dari radikalisme dan organisasi terlarang," kata Alex di Kantor BKN, Selasa 25 Mei 2021.

Ia menyebut 51 pegawai KPK yang dinilai merah oleh assesor tidak bisa lagi bergabung dengan KPK. Sementara sisanya akan mengikuti pendidikan dan pelatihan bela negara.

Busyro Muqoddas menantang Alexander Marwata untuk diskusi terbuka soal isu radikalisme di KPK.

"Saya siap saudara undang atau saudara saya undang. Jika berita itu tidak benar silakan dikoreksi," ucap salah satu pengurus PP Muhammadiyah ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper