Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pekan Depan, AS Kumpulkan Perusahaan Bahas Kelangkaan Semikonduktor

Sejumlah perusahaan yang terlibat dalam rantai pasok chip mulai dari Samsung Electronics dari Korea Selatan, TSMC dari Taiwan, General Motors, Ford, Google, dan Amazon dipastikan hadir dalam pertemuan itu.
Ilustrasi chip/ Bloomberg
Ilustrasi chip/ Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Perdagangan Amerika Serikat (AS) Gina Raimondo akan menggelar pertemuan virtual dengan pihak-pihak terkait untuk membahas masalah kelangkaan chip semikonduktor pada 20 Mei mendatang.

Melansir Bloomberg pada Selasa (11/5/2021), salah seorang sumber yang enggan diungkap identitasnya menyebut perusahaan semikonduktor AS, seperti Intel, dan perusahaan asing, seperti Samsung Electronics dari Korea Selatan dan TSMC dari Taiwan, diundang dalam pertemuan tersebut bersama perusahaan-perusahaan yang membutuhkan pasokan semikonduktor, seperti General Motors, Ford, Google, dan Amazon.

Kementerian Perdagangan AS menyatakan dalam surat undangannya bahwa pertemuan virtual ini merupakan dialog terbuka untuk membahas jaringan distribusi semikonduktor, dan agenda-agenda lainnya akan diatur dalam pekan ini.

Raimando yang sebelumnya mengadakan rapat bersama Presiden Joe Biden dan para menteri lainnya pada tanggal 7 Mei lalu, mengatakan pihaknya akan melakukan apapun untuk memecahkan masalah kelangkaan semikonduktor dalam waktu dekat.

Ditambahkan pula, jalan keluar jangka panjang untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan AS memproduksi lebih banyak semikonduktor dan mengurangi ketergantungan kepada China dan Taiwan.

Pada tanggal 12 April lalu, pemerintah AS juga telah mengadakan pertemuan virtual yang dipimpin oleh Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan bersama pihak Samsung Electronics, TSMC, Intel, Ford dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rezha Hadyan
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper