Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AS Sebut Kelangkaan Pasokan Semikonduktor Jadi Prioritas Utama

Amerika Serikat akan secara besar-besaran meningkatkan produksi dan rantai pasokan semikonduktor lokal sejalan dengan kelangkaan pasokan semikonduktor saat ini.
Ilustrasi chip/ Bloomberg
Ilustrasi chip/ Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Perdagangan Amerika Serikat (AS) Gina Raimondo mengungkapkan persoalan kelangkaan semikonduktor adalah prioritas utama saat ini.

Mengutip KBS World pada Senin (10/5/2021), Raimondo membuat pernyataan tersebut dalam sebuah wawancara dengan CBS Amerika Serikat pada hari Minggu (09/05) waktu setempat, di tengah berlanjutnya penutupan beberapa manufaktur mobil di AS akibat kelangkaan semikonduktor.

Dia juga mengatakan AS tengah bekerja secara agresif untuk menuntaskan masalah tersebut, dengan mengutip bahwa tampaknya sejauh ini AS belum memproduksi jumlah semikonduktor yang memadai.

Raimondo memperjelas dalam rancangan UU yang memuat anggaran untuk belanja infrastruktur yang diajukan oleh Presiden AS Biden, US$50 miliar telah dialokasikan untuk produksi semikonduktor di AS. Alhasil, dia meyakini kondisi AS tidak akan terlalu rentan dalam masalah produksi semikoduktor ke depannya.

Dia lebih lanjut mengatakan investasi semikonduktor senilai US$50 miliar selama 5 tahun ke depan tersebut harus terhubung dengan sektor swasta.

Raimondo menegaskan AS akan secara besar-besaran meningkatkan produksi dan rantai pasokan semikonduktor lokal sejalan dengan kelangkaan pasokan semikonduktor.

Pada April lalu, pemerintahan Biden telah mengadakan pertemuan dengan para pemimpin produsen cip terbesar di dunia, seperti Samsung dari Korea Selatan dan TSMC Taiwan untuk membahas isu kelangkaan semikonduktor dan peningkatan investasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rezha Hadyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper