Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sinopharm Jadi Vaksin China Pertama Dapat Izin WHO, Ini Respons KPCPEN

Pemerintah memastikan keamanan vaksin Covid-19 Sinopharm sehingga masyarakat diimbau tidak ragu untuk disuntik vaksin tersebut.
Kotak-kotak berisi vaksin Covid-19 tertumpuk saat proses produksi di Beijing Biological Products Institute, unit dari China National Biotec Group (CNBG), anak perusahaan Sinopharm di Kota Beijing, China, Jumat (26/2/2021). /ANTARA-REUTERS
Kotak-kotak berisi vaksin Covid-19 tertumpuk saat proses produksi di Beijing Biological Products Institute, unit dari China National Biotec Group (CNBG), anak perusahaan Sinopharm di Kota Beijing, China, Jumat (26/2/2021). /ANTARA-REUTERS

Bisnis.com, JAKARTA – Vaksin Sinopharm telah mengantongi izin penggunaan darurat secara global oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Selain itu, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) juga telah memberikan izin dengan efikasi 78 persen.

Hal tersebut disambut baik oleh Komisi Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN). Pasalnya, kedatangan vaksin Sinopharm ke Indonesia diyakini dapat membantu percepatan cakupan vaksinasi.

Vaksin Sinopharm merupakan produksi Beijing Bio-Institute of Biological Products Co Ltd, anak perusahaan China National Biotec Group (CNBG).

Koordinator PMO Komunikasi Publik KPCPEN Arya Sinulingga menyambut baik keputusan WHO yang menyetujui vaksin Sinopharm masuk ke daftar penggunaan darurat.

Sebelumnya, BPOM juga telah disampaikan mengeluarkan izin penggunaan darurat terhadap vaksin Sinopharm.

Menurut Arya, hal ini tentu akan mempermudah penyediaan stok vaksin. Dengan begitu upaya vaksinasi bisa berlangsung dengan baik. 

"Kita berharap herd immunity bisa segera tercapai," ujar Arya, mengutip keterangan resmi KPCPEN, Senin (10/5/2021).

Dia menambahkan, sejauh ini pemerintah Indonesia telah mengamankan vaksin sejumlah 75.910.500 juta dosis vaksin. Perinciannya, vaksin Sinovac 68,5 juta dosis, AstraZeneca COVAX 6,41 juta, dan Sinopharm 1 juta dosis. 

Arya berharap, masyarakat tidak ragu untuk divaksin. "Dengan divaksinasi, tidak hanya melindungi diri sendiri, tapi juga orang sekitar kita," ujarnya.

Dalam situs resmi WHO menyebut penambahan vaksin ini berpotensi mempercepat akses vaksin Covid-19 dengan cepat bagi negara-negara yang ingin melindungi petugas jesehatan dan populasi yang berisiko. 

Emergency Use Listing (EUL) dikeluarkan sebagai prasyarat untuk pasokan vaksin Fasilitas COVAX. Ini juga memungkinkan negara untuk mempercepat persetujuan peraturan mereka sendiri untuk mengimpor dan mengelola vaksin Covid-19.

BPOM juga telah memberikan izin penggunaan darurat/Emergency Use Authorization (EUA) untuk vaksin Covid-19 produksi Sinopharm. 

Menurut Kepala BPOM RI Penny K. Lukito, vaksin Covid-19 buatan Sinopharm sebelumnya telah menjalani uji klinik fase 3 di Uni Emirat Arab dan beberapa negara lainnya dengan 42.000 subjek uji.

Hasilnya, vaksin Sinopharm tersebut menunjukkan efikasi sebesar 78,02 persen dan pengukuran imunogenisitas setelah 14 hari penyuntikan dosis kedua, seropositive rate (persentase subjek yang terbentuk antibodi) netralisasi adalah 99,52 persen pada orang dewasa dan 100 persen pada lansia. 

Selain itu, secara umum keamanan vaksin dapat ditoleransi dengan baik dan frekuensi kejadian masing-masing efek samping tersebut adalah 0,01 persen (terkategori sangat jarang), serta pada usia di atas 60 tahun tidak ada laporan efek samping lokal grade 3.

Dari hasil Uji klinik tersebut, BPOM bersama Tim Ahli dalam Komite Nasional Penilai Vaksin Covid-19, ITAGI (Indonesian Technical Advisory Group on Immunization), dan para klinisi terkait lainnya menyimpulkan vaksin tersebut memberikan profil keamanan dan efikasi yang baik.

Vaksin Sinopharm disebut dapat membentuk antibodi, yang dapat memberi kekebalan melawan virus SARS CoV-2 dan mencegah Covid-19 pada orang dewasa di atas 18 tahun dengan pemberian 2 dosis pada durasi 21 – 28 hari. 

Di Indonesia sendiri, vaksin yang memiliki platform Inactivated virus (virus yang diinaktivasi atau dimatikan) tersebut didaftarkan dan didistribusikan oleh PT Kimia Farma Tbk. dengan nama SARS-COV-2 VACCINE (VERO CELL), INACTIVATED. 

Saat ini, vaksin tersebut telah tiba di Indonesia dan sebelum digunakan untuk program vaksinasi. Badan POM akan melakukan proses pelulusan produk (lot release) untuk penggunaannya secara massal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper