Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pria Meninggal Akibat Vaksin AstraZeneca? Komnas KIPI: Belum Cukup Bukti

Pemuda yang meninggal itu bernama Trio Fauqi Virdaus, meninggal pada Kamis (6/5/2021) setelah disuntik vaksin AstraZeneca sehari sebelumnya.
Vaksin Covid-19 AstraZeneca/Antara
Vaksin Covid-19 AstraZeneca/Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Seorang pemuda 22 tahun asal Buaran, Jakarta, meninggal dunia satu hari usai divaksinasi Covid-19. Komnas KIPI menegaskan masih belum cukup bukti penyebab meninggalnya terkait dengan vaksinasi AstraZeneca.

Ketua Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas KIPI) Hindra Irawan Satari mengatakan pihaknya belum mendapatkan cukup bukti untuk mengaitkan kejadian itu dengan vaksinasi.

“Komnas bersama Komda DKI sudah audit bersama pada Jumat yang lalu, dan internal Komnas kemarin sore menyimpulkan bahwa belum cukup bukti untuk mengaitkan KIPI ini dengan imunisasi. Oleh karena itu masih perlu dilakukan investigasi lebih lanjut,” katanya, mengutip keterangan tertulis Kemenkes, Senin (10/5/2021).

Pemuda yang meninggal tersebut bernama Trio Fauqi Virdaus, meninggal pada Kamis (6/5/2021) setelah disuntik vaksin AstraZeneca pada satu hari sebelumnya.

Berdasarkan laporan, Almarhum Trio sempat merasa demam panas setelah mendapatkan suntikan vaksin. Kondisinya kemudian melemah dan masih mengalami demam pada Kamis. Almarhum kemudian dibawa ke rumah sakit dan dinyatakan meninggal sekitar pukul 12.30 WIB.

“Kementerian Kesehatan turut berduka atas meninggalnya almarhum dan hasil investigasi Komnas dan Komda KIPI bisa segera didapatkan,” tulis Kemenkes pada keterangan pers.

Komnas KIPI adalah lembaga yang kredibel dan independen yang memiliki fungsi dalam mengawasi pelaksanaan vaksinasi khusus untuk kejadian ikutan pasca imunisasi.

Hingga saat ini, berdasarkan data Komnas KIPI belum pernah ada kejadian orang yang meninggal dunia akibat vaksinasi Covid-19 di Indonesia.

Dalam beberapa kasus sebelumnya, meninggalnya orang yang statusnya telah divaksinasi Covid-19 adalah karena penyebab lain, bukan akibat dari vaksinasi yang diterimanya.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Siti Nadia Tarmidzi juga mengatakan agar masyarakat tidak khawatir dan tetap melanjutkan vaksinasi.
“Vaksinasi masih tetap dilanjutkan, ini karena manfaatnya lebih besar daripada efeknya,” ungkap Nadia kepada Bisnis, Senin (10/5/2021).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper