Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tingkat Kepuasan Masyarakat Korsel Terhadap Kinerja Presiden Moon Terendah

Dukungan masyarakat terhadap Moon terus menurun sejak minggu pertama bulan Maret 2021. Sedangkan pandangan negatif tercatat mencapai 60 persen, sama dengan minggu lalu.
Presiden Korea Selatan Moon Jae-in. /@TheBlueHouseENG
Presiden Korea Selatan Moon Jae-in. /@TheBlueHouseENG

Bisnis.com, JAKARTA - Tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dalam pelaksanaan tugas kenegaraan tercatat terendah sejak dirinya dilantik.

Dilansir oleh KBS World pada Jumat (30/4/2021), hasil survei Gallup Korea yang dilakukan pada tanggal 27-29 April 2021 terhadap 1.000 orang dewasa berumur 18 tahun ke atas di Korea Selatan menunjukkan pandangan positif atas kinerja pelaksanaan tugas kenegaraan Presiden Moon tercatat sebesar 29 persen, turun 2 persen poin dibandingkan seminggu lalu.

Dukungan masyarakat terhadap Moon terus menurun sejak minggu pertama bulan Maret 2021. Sedangkan pandangan negatif tercatat mencapai 60 persen, sama dengan minggu lalu, dan 11 persen responden tidak memberikan jawaban.

Sebanyak 28 persen dari jumlah responden yang berpandangan negatif menyebut bahwa kebijakan real estat sebagai penyebab utama penilaiannya tersebut. Sedangkan 17 persen lainnya menyatakan karena tidak puas dengan penanganan pandemi Covid-19 dan 9 persen lain menyebut kurangnya penyelesaian masalah ekonomi dan kehidupan masyarakat.

Terutama dari responden berusia 20-an tahun, pandangan positif hanya sebesar 21 persen, lebih rendah daripada angka rata-rata.

Terkait dukungan masyarakat terhadap partai politik, dukungan positif terhadap Partai Demokrat Korea meningkat 1 persen poin menjadi 33 persen, dan dukungan terhadap Partai Kekuatan Rakyat sama dengan minggu lalu, yaitu 28 persen.

Jajak pendapat tersebut memiliki tingkat kepercayaan 95 persen dan batas kesalahan sekitar 3,1 persen poin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rezha Hadyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper