Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wujudkan Ketahanan Pangan, Jokowi Minta IPB Bantu Petani Tingkatkan Panen

Jokowi akan melibatkan IPB untuk meningkatkan panen para petani sehingga ketahanan dan kedaulatan pangan bisa terwujud.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 29 April 2021  |  12:51 WIB
Presiden Joko Widodo meninjau Pusat Sumber Benih dan Persemaian di Rumpin, Bogor, Jawa Barat, Jumat (25/11 - 2020) / Youtube Setpres
Presiden Joko Widodo meninjau Pusat Sumber Benih dan Persemaian di Rumpin, Bogor, Jawa Barat, Jumat (25/11 - 2020) / Youtube Setpres

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Kabupaten Malang, Jawa Timur guna menyaksikan panen padi di daerah tersebut, Kamis (29/4/2021). Presiden mengaku bakal melibatkan Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk meningkatkan hasil panen.

Presiden bersama sejumlah menteri dan perwakilan DPR mengunjungi lokasi panen padi di Desa Kanigoro, Malang. Di wilayah itu, hasil panen dapat mencapai 12 ton per hektare.

"12 ton ini hasil yang bagus sekali, dan nanti akan saya tindaklanjuti dengan IPB agar ini bisa dikembangkan dengan jumlah yang besar lagi," kata Jokowi, Kamis (29/4/2021)

Lebih lanjut, langkah ini kata Jokowi akan meningkatkan ketahanan serta kedaulatan pangan. Upaya ini juga diyakini untuk mencegah adanya importasi beras ke dalam negeri.

Selain itu dalam kunjungan tersebut, Jokowi sempat melakukan dialog dengan para perwakilan petani. Mereka meminta sejumlah peralatan penunjang pertanian seperti mesin panen dan traktor.

"Tadi saya sampaikan akan dipenuhi karena sangat dibutuhkan oleh petani di sini," ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi menyampaikan bahwa impor beras bisa ditunda hingga akhir tahun jika produksi beras dalam negeri dinilai mampu memenuhi kebutuhan nasional.

Dengan demikian, kebijakan yang menangguhkan impor beras yang sebelumnya ditetapkan hingga Juni 2021 berpotensi diperpanjang hingga akhir tahun.

“Kemarin sudah kita putuskan bahwa sampai Juni [2021] tidak ada impor, Insya Allah nanti juga sampai akhir tahun, kalau kita tahan, produksinya bagus berarti juga tidak akan impor,” kata Jokowi saat mengunjungi Desa Wanasari, Indramayu, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (21/4/2021).

Sebelumnya, Pemerintah telah memastikan bahwa impor 1 juta ton beras akan ditunda hingga medio tahun ini atau pada Juni setelah mengetahui stok beras masih mencukupi dan ditambah panen raya di sejumlah daerah dalam waktu dekat.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi pangan ipb panen impor beras
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top