Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AS Tambahkan Bantuan US$3,5 Juta Dukung Vaksinasi Indonesia

Total dukungan Pemerintah AS untuk tanggapan Covid-19 di Indonesia mencapai US$14,5 juta.
Logo USAID/ Bisnis.com
Logo USAID/ Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Misi Amerika Serikat di Indonesia mengumumkan pendanaan tambahan sebesar US$3,5 juta melalui Badan Pembangunan Internasional AS (USAID) untuk meningkatkan upaya vaksinasi Covid-19 di Indonesia.

Dengan demikian total dukungan Pemerintah AS untuk tanggapan Covid-19 di Indonesia menjadi US$14,5 juta. USAID akan menggunakan dana tambahan ini untuk memperkuat perencanaan vaksinasi Pemerintah Indonesia, koordinasi, distribusi, dan pelaksanaan prosedur selama dan setelah pemberian vaksin.

USAID juga membantu meningkatkan jumlah komunitas yang divaksinasi dengan mengatasi kesalahan informasi, meningkatkan distribusi informasi tepat waktu dan faktual, dan memperluas akses ke fasilitas vaksinasi dan vaksin yang aman dan efektif.

Amerika Serikat, melalui USAID, mempercepat akses global ke vaksin Covid-19 yang aman dan efektif melalui kontribusi bersejarah sebesar US$2 miliar dari total US$4 miliar yang direncanakan kepada Gavi, Aliansi Vaksin.

Kontribusi ini mendukung pembelian dan pengiriman vaksin Covid-19 untuk 92 negara, termasuk Indonesia, melalui Gavi COVAX Advance Market Commitment. Ini akan membantu melindungi beberapa populasi paling rentan dan berisiko di dunia dari Covid-19 dan mengurangi penyebaran varian yang muncul.

Adapun melalui COVAX, Indonesia menerima total 4.965.600 juta dosis vaksin pada 8 Maret dan 26 April 2021, dan dijadwalkan menerima 11.704.800 dosis lagi tahun ini.

"Amerika Serikat berkomitmen untuk mendukung upaya vaksinasi Indonesia, bermitra dengan pemerintah dan masyarakat Indonesia untuk menyelamatkan nyawa, dan bekerja menuju pembukaan kembali ekonomi Indonesia yang aman," kata Wakil Kepala Misi Heather Variava, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (27/4/2021).

Sejak awal pandemi Covid-19, Pemerintah AS melalui United States Agency for International Development (USAID) mendukung respons Indonesia dengan membekali petugas kesehatan dengan alat yang mereka butuhkan; meningkatkan laboratorium, pengawasan penyakit, dan kapasitas tanggap cepat; mempercepat deteksi dan pelacakan kasus; dan meningkatkan komunikasi risiko untuk memastikan bahwa lebih banyak orang tahu bagaimana melindungi diri mereka sendiri dan satu sama lain.

Melalui dukungan kami kepada Gavi, AS juga bekerja dengan mitra dan pemerintah di seluruh dunia untuk memvaksinasi populasi yang rentan, menjangkau mereka yang tidak memiliki pilihan lain, dan membantu memastikan bahwa tidak ada dari kita yang harus menghadapi tantangan pandemi global sendirian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Lestari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper