Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Gedung Mahkamah  Agung. - Dok. MA
Lihat Foto
Premium

Historia Bisnis: Geger Putusan Pailit Asuransi Prudential

Pengadilan Niaga Jakarta Pusat tercatat pada 16 tahun lalu menjatuhkan pailit kepada Prudential Life Assurance.
Anggara Pernando
Anggara Pernando - Bisnis.com
27 April 2021 | 14:01 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Perjanjian utang piutang sederhana dapat menyeret perusahaan ke dalam status hukum pailit meski kondisi keuangan sangat sehat. 

Kondisi mengejutkan ini juga pernah terjadi pada Prudential Life Assurance pada 2004 lalu. Kekecewaan salah satu agennya terkait pembayaran komisi, membuat pengadilan niaga Jakarta Pusat menjatuhkan status pailit kepada Prudential saat ini. Meski begitu, dalam banding di Mahkamah Agung, putusan pailit itu dianulir. 

Kondisi pailit yang dijatuhkan pengadilan kepada Prudential ini menjadi laporan Bisnis Indonesia edisi 27 April 2004. Kala itu laporan utama mengangkat tajuk 'Inggris Prihatin Kasus Prudential'. 

Diulas dalam edisi 16 tahun yang lalu itu, Kedubes Inggris menyatakan keprihatinan berkaitan dengan jatuhnya vonis pailit terhadap Prudential Life Assurance, sementara Departemen Keuangan (Depkeu) menilai putusan pailit itu bisa mengganggu kepastian usaha di Indonesia.

“Kami sangat concern dengan kasus itu. Ini sangat mirip dengan kasus Manulife,” jelas satu pejabat Kedubes Inggris yang tidak dikutip namanya saat itu. Dia menambahkan, “Kami sedang mendiskusikan aksi segera dengan mereka [Prudential] bersama otoritas terkait.”

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 5 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Atau Berlangganan Sekarang

Silakan pilih paket berlangganan yang anda inginkan untuk terus menikmati konten premium.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top