Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Travel Bubble Hong Kong-Singapura, Satu Penerbangan per Hari

Setiap penerbangan akan memiliki batasan 200 penumpang, dengan jumlah yang ditinjau setelah dua minggu pertama.
Marina Bay, Singapura. /stb.gov.sg
Marina Bay, Singapura. /stb.gov.sg

Bisnis.com, JAKARTA - Travel bubble atau gelembung perjalanan antara Hong Kong dan Singapura yang akan dimulai pada 26 Mei dibuka dengan satu penerbangan setiap hari.

Menteri Transportasi Singapura Ong Ye Kung mengatakan setiap penerbangan akan memiliki batasan 200 penumpang, dengan jumlah yang ditinjau setelah dua minggu pertama. Ong mengatakan gelembung perjalanan adalah pergerakan signifikan antara dua pusat penerbangan dan layanan keuangan di Asia.

"Kondisinya sekarang sudah matang lagi untuk meluncurkan kembali gelembung perjalanan udara. Kedua belah pihak harus tetap waspada dalam satu bulan ke depan, sehingga kami dapat meluncurkan penerbangan pertama dengan lancar," katanya dilansir Channel News Asia, Senin (26/4/2021).

Sekretaris Perdagangan dan Pembangunan Ekonomi Hong Kong Edward Yau mengatakan kedua pemerintah telah mencapai konsensus tentang pengaturan gelembung perjalanan terbaru dan akan memberlakukan protokol kesehatan masyarakat yang lebih ketat.

"Tujuan kami adalah menjaga keseimbangan yang tepat antara kesehatan masyarakat dan kenyamanan perjalanan sehingga masyarakat akan merasa terjamin sambil memberikan kepastian," kata Yau.

Dia melanjutkan peluncuran ulang travel bubble tidak hanya memenuhi aspirasi masyarakat dan komunitas bisnis dalam perjalanan lintas batas, tetapi juga menandakan bahwa dimulainya kembali perjalanan secara bertahap dapat dicapai melalui kolaborasi timbal balik di antara berbagai tempat.

Kondisi yang lebih ketat akan diterapkan untuk dimulainya kembali gelembung perjalanan, termasuk wisatawan yang harus tetap di Singapura atau Hong Kong dalam 14 hari terakhir sebelum keberangkatan, tidak termasuk waktu yang dihabiskan di karantina atau pemberitahuan tinggal di rumah.

Hong Kong juga mewajibkan warganya untuk divaksinasi penuh terhadap Covid-19 sebelum berangkat dengan penerbangan, dengan beberapa pengecualian untuk anak-anak dan mereka yang tidak cocok untuk vaksinasi dengan alasan medis.

Wisatawan dari Singapura harus mengunduh dan menginstal aplikasi LeaveHomeSafe Hong Kong sebelum berangkat.

Gelembung perjalanan akan ditangguhkan jika rata-rata pergerakan tujuh hari dari kasus komunitas yang tidak terkait di salah satu kota meningkat menjadi di atas lima.

Gelembung perjalanan hanya dapat dilanjutkan ketika situasi Covid-19 telah stabil, kata Otoritas Penerbangan Sipil Singapura (CAAS). Gelembung perjalanan awalnya dijadwalkan akan dimulai pada November tahun lalu, tetapi ditangguhkan karena lonjakan kasus Covid-19 di Hong Kong.

Di bawah pengaturan gelembung perjalanan, tidak ada batasan tentang tujuan perjalanan dan tidak ada persyaratan untuk rencana perjalanan atau sponsor yang terkontrol.

Pengunjung harus melakukan tes usap Covid-19 sebelum keberangkatan dan pada saat kedatangan serta melakukan perjalanan pada penerbangan khusus yang dioperasikan oleh Singapore Airlines dan Cathay Pacific.

"Situasi Covid-19 di Hong Kong telah membaik, dengan sangat sedikit kasus Covid-19 lokal yang tidak terkait selama beberapa minggu terakhir. Kasus komunitas di Singapura tetap sangat rendah sepanjang waktu," kata Kementerian Transportasi Singapura (MOT).

"Profil risiko kedua kota itu sekarang serupa."

Kedua kota akan memantau situasi Covid-19 dari sekarang hingga 26 Mei, dan akan melanjutkan peluncuran jika situasi terus stabil dan terkendali di Hong Kong dan Singapura.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Lestari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper