Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mantan Kepala Kamar Mesin KRI Nanggala-402 Berbagi Kisah saat Hadapi Black Out

Mantan Kepala Kamar Mesin KRI Nanggala-402 Laksamana Muda (Purnawirawan) Frans Wuwung pernah menghadapi mati listrik atau black out saat bertugas pada 1985.
KRI Nanggala 402 - Antara
KRI Nanggala 402 - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan Kepala Kamar Mesin KRI Nanggala-402 Laksamana Muda (Purnawirawan) Frans Wuwung berbagi kisah saat mengalami kejadian mati listrik atau black out ketika masih bertugas.

Dilansir Tempo.co pada Sabtu (24/4/2021), Frans mengaku punya pengalaman terjadi black out saat dia masih menjadi Kepala Kamar Mesin KRI Nanggala-402 pada 1985.

Ketika kapal selam menuju ke kedalaman 50 meter, ujar dia, tiba-tiba aliran listrik padam sehingga suasananya gelap gulita. Frans dengan cepat menekan tombol lampu darurat.

Para ABK pun sigap menyalakan senter di sakunya masing-masing, sehingga dengan cepat, kata Frans, problem black out ditemukan, yakni ada yang saklar jatuh.

“Saya menduga, dalam kasus hilangnya KRI Nanggala ini, black out terjadi karena saklar jatuh dan awak kapal tak bisa segera menemukan,” katanya.

Menurut dia, dalam kondisi kapal baru menyelam, lalu terjadi kerusakan pada sistem kelistrikan, kepala kamar mesin dapat mengambil keputusan mengembuskan udara lantaran motor penggerak sudah mati. “[Kapal] pasti timbul, dan kami mencari daya apung positif lagi,” tutur Frans.

Frans berujar Kepala Kamar Mesin KRI Nanggala-402 dapat mengambil keputusan cepat karena tombol untuk mengembuskan udara berada dalam biliknya. Kepala kamar mesin masih ada di biliknya dan urut-urutan mengembuskan kapal sudah ada.

“Buka udara tekanan tinggi di situ tempatnya, kenapa tak langsung saja embus. Analisa saya kenapa itu tak dilakukan, bisa saja KKM kecapekan,” ujar Frans.

Dia juga menduga awak kapal selam KRI Nanggala-402 diduga panik ketika terjadi mati listrik atau black out karena saat kapal selam tersebut berlayar masih pagi buta, antara jam 03.00-04.00 dan ada awak kapal yang belum siap betul.

Oleh karena itu ketika kondisi darurat, mereka panik dan hanya bisa teriak-teriak. Frans memperkirakan black out diakibatkan ada saklar yang jatuh dan ABK kurang siap untuk mengatasi.

“Kemungkinan ada something [pada awak kapal], karena kapal itu kalau menyelam [jatuh] cepat sekali,” kata Frans.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper