Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang KTT Asean, HRW: Jangan Beri Panggung Bos Junta Militer Myanmar

Human Rights Watch menilai undangan kepada Jenderal Min Aung Hlaing oleh Asean memberikan legitimasi yang tidak beralasan kepada junta Militer Myanmar.
Panglima militer Myanmar Jenderal Min Aung Hlaing memeriksa pasukan saat parade memperingati 67 tahun angkatan bersenjata negeri itu pada 27 Maret 2012 di Ibu Kota Naypyitaw./Reuters-Soe Zeya Tun
Panglima militer Myanmar Jenderal Min Aung Hlaing memeriksa pasukan saat parade memperingati 67 tahun angkatan bersenjata negeri itu pada 27 Maret 2012 di Ibu Kota Naypyitaw./Reuters-Soe Zeya Tun

Bisnis.com, JAKARTA - Human Rights Watch mendesak Asean untuk segera menarik undangannya kepada pemimpin junta Myanmar, Jenderal Jenderal Min Aung Hlaing, untuk menghadiri konferensi tingkat tinggi atau KTT.

Pertemuan darurat yang dijadwalkan dihelat di Jakarta, Indonesia, pada (24/4/2021), tersebut diagendakan untuk membahas krisis di Myanmar.

Dikutip dari laman resminya, Rabu (21/4/2021), Human Rights Watch menilai undangan kepada Min Aung Hlaing oleh Asean memberikan legitimasi yang tidak beralasan kepada dewan administrasi negara junta atas pemerintah Myanmar yang dipilih secara demokratis. Seperti diketahui, junta militer yang dipimpin Jenderal Min Aung Hlaing melakukan kudeta terhadap pemerintahan sah pada 1 Februari 2021.

Sebelum dan sejak kudeta, Amerika Serikat, Inggris, dan Uni Eropa telah memberlakukan sanksi keuangan dan perjalanan kepada Min Aung Hlaing karena keterlibatannya dalam pelanggaran berat hak asasi manusia sebagai panglima militer.

“Min Aung Hlaing, yang menghadapi sanksi internasional atas perannya dalam kekejaman militer dan tindakan keras brutal terhadap pengunjuk rasa pro-demokrasi, seharusnya tidak disambut pada pertemuan antar pemerintah untuk mengatasi krisis yang dia ciptakan,” kata Brad Adams, Direktur Asia Human Rights Watch.

Menurutnya, anggota Asean seharusnya mengambil kesempatan ini untuk menjatuhkan sanksi ekonomi kepada para pemimpin junta dan pada bisnis yang mendanai junta.

"Dan menekan junta untuk membebaskan tahanan politik, mengakhiri pelanggaran, dan memulihkan pemerintah negara yang terpilih secara demokratis,” tegasnya.

Pada 8 November 2020, sebagian besar pemilih Myanmar memilih anggota Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD), yang dipimpin oleh Aung San Suu Kyi, ke parlemen nasional. NLD mengamankan 83 persen kursi yang diperebutkan.

Namun, Militer Myanmar, Tatmadaw, mengklaim bahwa pemilihan tersebut diwarnai oleh penipuan besar-besaran tanpa memberikan bukti yang dapat dipercaya untuk mendukung tuduhan itu.

Organisasi pemantau pemilu domestik dan internasional menganggap pemilu tersebut kredibel dan menolak klaim tak berdasar dari Tatmadaw.

Para jenderal Myanmar menolak untuk menerima kekalahan besar-besaran Partai Persatuan Solidaritas dan Pembangunan (USDP) yang terkait dengan militer pada pemilu 2020 tersebut. Mereka bertindak untuk mencabut hak rakyat Myanmar yang telah memilih pemerintahan mereka, hak yang diabadikan dalam hukum internasional.

Pada awal 1 Februari, hari di mana parlemen baru akan duduk untuk pertama kalinya, militer menangkap dan menahan Presiden Win Myint dan Penasihat Negara Aung San Suu Kyi, bersama dengan sejumlah menteri NLD lainnya, anggota parlemen, dan administrator daerah.

Protes nasional yang sedang berlangsung yang diorganisir oleh Gerakan Pembangkangan Sipil nasional telah menunjukkan penolakan masif terhadap junta militer, yang telah memerintah negara itu selama hampir 60 tahun terakhir.

Tanggapan junta terhadap protes yang sebagian besar damai semakin brutal dengan korban jiwa mencapai 700 orang sejak kudeta berlangsung, termasuk 45 anak-anak berusia lima tahun, dan menahan sekitar 3.200 aktivis, jurnalis, pegawai negeri, dan politisi.

“Asean harus memainkan peran konstruktif dalam menyelesaikan krisis Myanmar, bukan memberikan podium kepada jenderal yang paling bertanggung jawab untuk menciptakannya. Asean harus menjelaskan bahwa mereka mendukung pemerintah Myanmar yang terpilih secara demokratis dan akan menuntut pertanggungjawaban dari Min Aung Hlaing dan para pemimpin junta lainnya yang bertanggung jawab atas kematian ratusan orang yang memprotes demokrasi,” kata Adams.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper