Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penganiayaan Nakes, Wakil Ketua Komisi IX DPR Dorong Proses Hukum

Wakil Ketua Komisi IX DPR Emanuel Melkiades Laka Lena meminta agar masyarakat lebih menghargai kerja tenaga kesehatan.
Ilustrasi kekerasan/Istimewa
Ilustrasi kekerasan/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Politisi Partai Golkar Emanuel Melkiades Laka Lena buka suara atas kasus penganiayaan kepada seorang perawat di Rumah Sakit Siloam Sriwijaya Palembang.

Wakil Ketua Komisi IX DPR ini menyesalkan adanya insiden kekerasan tersebut. Seperti diketahui, lingkup tugas Komisi IX DPR juga mencakup bidang kesehatan.

"Sebagai pimpinan Komisi lX dan secara pribadi kami bersimpati dengan korban dan menyesalkan peristiwa kekerasan yang terjadi pada tenaga kesehatan," kata Melki, seperti dikutip dari laman resmi DPR, Sabtu (17/4/2021). 

Politisi Fraksi Partai Golkar ini meminta agar masyarakat lebih menghargai kerja tenaga kesehatan yang menjadi garda terdepan dalam merawat dan menangani pasien dengan berbagai penyakit lainnya. Apalagi, saat ini tenaga kesehatan juga menjadi pihak terdepan dalam penanganan pasien Covid-19.

"Kami berharap hal serupa tak terulang, untuk itu kami meminta aparat hukum untuk memproses hukum pelaku sesuai ketentuan dan fakta yang terjadi," kata Melki.

Legislator dari daerah pemilihan Nusa Tenggara Timur (NTT) II ini pun mendorong agar manajeman rumah sakit dan tenaga kesehatan untuk meningkatkan komunikasi yang baik kepada pasien dan keluarganya ketika sedang bertugas.

Seperti diketahui, insiden kekerasan terhadap perawat itu terjadi di RS Siloam Sriwijaya pada Kamis (15/4/2021). Video terkait peristiwa itu pun viral dan ramai menuai respons warganet di media sosial.

Dalam video yang beredar, terlihat seorang pria yang merupakan ayah pasien menganiaya perawat di rumah sakit. Hal itu dipicu tindakan pelepasan infus terhadap pasien yang akan selesai menjalani masa perawatan.

Orang tua dari pasien yang masih berusia 2 tahun itu tidak terima dengan penanganan perawat karena saat plester yang dipasang di bekas lokasi infus terlepas, darah mengucur. Ayah pasien tersebut lantas melakukan tindakan kekerasan kepada salah seorang perawat.

Pihak rumah sakit sebelumnya menyampaikan bahwa pelepasan infus telah dilakukan sesuai dengan SOP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper