Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BPOM Dorong Rumah Sakit Jadi Lokasi Uji Vaksin, Ini Alasannya

Saat ini banyak Universitas, Lembaga penelitian, Rumah Sakit, serta jumlah tenaga medis potensial sebagai peneliti yang berpotensi untuk pengembangan vaksin Covid-19.
Kepala Badan POM, Penny Kusumastuti Lukito./Antararn
Kepala Badan POM, Penny Kusumastuti Lukito./Antararn

Bisnis.com, JAKARTA – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mendorong rumah sakit untuk menjadi lokasi uji klinik vaksin Covid-19 yang tengah dikembangkan di dalam negeri.

Kepala BPOM Penny Lukito mengatakan bahwa saat ini banyak Universitas, Lembaga penelitian, Rumah Sakit, serta jumlah tenaga medis potensial sebagai peneliti.

“Sebetulnya Indonesia miliki potensi sumber daya populasi dan sumber daya alam yang besar untuk menjadi subjek uji klinik,” kata Penny saat kunjungan kerja ke RS Immanuel, Bandung, mengutip keterangan resmi BPOM, Sabtu (17/4/2021).

Visitasi ke Bandung juga menjadi bagian dari pengawalan dan dukungan yang dilakukan oleh Badan POM terhadap pelaksanaan uji klinik di Rumah Sakit Immanuel sebagai salah satu satelit site uji klinik vaksin Covid-19.

Penny menyampaikan bahwa dengan semakin banyaknya fasilitas pelayanan kesehatan atau rumah sakit yang terlibat dalam penelitian atau uji klinik, merupakan hal yang baik untuk membangun iklim penelitian uji klinik di dalam negeri.

“Dengan begitu, penelitian terutama dalam rangka pelaksanaan uji klinik di Indonesia dapat terus bertumbuh, sehingga dapat mendukung kebutuhan kesehatan masyarakat,” imbuhnya.

Badan POM berkomitmen untuk mendukung semua inisiatif penelitian obat dan vaksin dengan melibatkan banyak rumah sakit, baik rumah sakit pemerintah maupun swasta, untuk menjadi site-site pelaksanaan uji klinik.

Dalam hal pengawalan uji klinik, Badan POM telah memberikan pedoman yang cukup jelas melalui Pedoman Cara Uji Klinik yang Baik atau Good Clinical Practice (GCP).

Selain itu, Badan POM juga siap apabila diperlukan untuk memberikan dukungan fasilitas peningkatan kapasitas atau kemampuan dalam pemenuhan dan penerapan GCP melalui pelatihan-pelatihan, diskusi, dan konsultasi.

Dengan semakin banyaknya Rumah Sakit yang terlibat dalam penelitian atau uji klinik ini, diharapkan Indonesia dapat menjadi salah satu Negara yang diperhitungkan untuk menjadi site uji klinik terpercaya di tingkat global.

“Semoga RS Immanuel menjadi salah satu penggerak keterlibatan lebih luas rumah sakit swasta lainnya untuk terlibat aktif dalam uji klinik di masa depan," tutup Penny.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper