Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CEK FAKTA: Siklon Tropis 94W Lintasi Yogya 17-19 April? Ini Kata BMKG

Bibit badai tropis 94W merupakan awal dari pembentukan Badai Tropis atau Siklon Tropis Surigae di wilayah Samudera Pasifik Utara Papua.
Bibit siklon tropis 94W di sekitar Pasifik Barat sebelah utara Papua./Antara
Bibit siklon tropis 94W di sekitar Pasifik Barat sebelah utara Papua./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah isu yang santer beredar menyatakan bibit Siklon Tropis 94W yang dikabarkan akan melewati Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada 17-19 April 2021.

Namun, kabar itu dibantah Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta. Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Yogyakarta Reni Kraningtyas pun mengklarifikasi isu tersebut.

“Kami menyatakan bahwa kabar soal Bibit Siklon Tropis 94W itu tidak benar,” kata dia, Kamis (15/4/2021).

Reni mengatakan, bibit badai tropis 94W merupakan awal dari pembentukan Badai Tropis atau Siklon Tropis Surigae di wilayah Samudera Pasifik Utara Papua dan Siklon Tropis ini tidak berpengaruh di wilayah DIY.

“Badai tropis/siklon tropis Surigae itu tidak melewati wilayah DIY, karena badai berada di belahan bumi bagian utara sehingga tidak dapat melewati garis khatulistiwa/equator dan justru bergerak perlahan ke arah barat laut menjauhi equator (pengaruh gaya coriolis),” katanya.

Menurut Reni, jika badai tropis/siklon tropis terbentuk di Samudera Hindia Selatan Indonesia yang dekat dengan wilayah DIY (belahan bumi selatan), maka wilayah DIY berpotensi menerima dampak seperti hujan lebat, angin kencang, petir/kilat, gelombang tinggi yang dapat menimbulkan bencana hidrometeorologis lainnya.

Adapun dampak badai tropis/siklon tropis Surigae berdasarkan buletin informasi siklon tropis yang dikeluarkan oleh Tropical Cyclone Warning Centre Jakarta (BMKG) per tanggal 15 April 2021 pukul 08.57 WIB membeberkan sejumlah data.

Dampak itu, di antaranya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat/petir serta angin kencang di wilayah Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.

Selain itu, tinggi gelombang 1.25-2.5 meter juga berpeluang terjadi di  Laut Sulawesi, Perairan Kepulauan Sangihe - Kepulauan Talaud, Perairan Kepulauan Sitaro, Perairan Bitung-Likupang, Laut Maluku, Perairan Selatan Sulawesi Utara, Perairan Kepulauan Halmahera, Laut Halmahera, Perairan Raja Ampat bagian utara, Perairan Selatan Biak, Teluk Cendrawasih, Perairan Jayapura-Sarmi.

Sementara itu, tinggi gelombang 2.5-4.0 meter, menurut BMKG, berpeluang terjadi di Perairan Manokwari, Perairan utara Biak, Samudra Pasifik Utara Halmahera hingga Papua Barat, Samudra Pasifik Utara Jayapura, sedangkan tinggi gelombang 4.0-6.0 meter berpeluang terjadi di Samudra Pasifik utara Biak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper