Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fakta-Fakta Aksi Koboi Pengusaha Startup Acungkan Pistol di Duren Sawit

Polisi juga menemukan kartu tanda anggota (KTA) Perbakin milik pria tersebut.
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus saat berada di Polres Metro Jakarta Pusat, Rabu (11/11/2020)./Antara-Livia Kristianti
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus saat berada di Polres Metro Jakarta Pusat, Rabu (11/11/2020)./Antara-Livia Kristianti

Bisnis.com, JAKARTA - Polisi sampai saat ini masih memeriksa pengemudi Fortuner yang mengacungkan pistol airsoft gun di kawasan Banjir Kanal Timur, Duren Sawit, Jakarta Timur pada Jumat  (2/4/2021) dinihari.

Aksi koboi pria berinisial MFA itu terekam dalam sebuah video viral hingga membuat heboh jagat media sosial.

Berikut ini merupakan empat fakta yang telah diketahui dari peristiwa tersebut:

1. Berawal dari senggolan dengan sepeda motor

Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Yusri Yunus mengungkap aksi koboi yang dilakukan pria berinisial MFA itu berawal saat mobilnya menyerempet pengendara motor hingga jatuh pada Jumat dini hari, sekitar pukul 01.00.

Penyebab serempetan tersebut karena MFA yang mengemudikan Fortuner dengan nomor polisi B 1673 SJV melanggar lalu lintas. Ia melintas di perempatan jalan dengan kondisi lampu lalu lintas tengah merah. Namun usai menyenggol, MFA tak berhenti dan malah berniat kabur. Warga yang melihat hal tersebut segera mengejar mobil pelaku dan meminta tanggung jawab.

"Setelah itu, yang bersangkutan dari dalam mobil marah-marah dan mengeluarkan senjata api," kata Yusri.

Warga yang takut kemudian tak berani mendekati mobil MFA. Tersangka kemudian pergi dari lokasi sambil menodongkan pistol ke arah warga.

2. Pelaku takut dan sembunyi di mal

Usai aksi arogannya viral di media sosial, MFA ketakutan akan diciduk polisi.

Apalagi, saat itu polisi bergerak cepat dengan segera melakukan olah TKP dan memeriksa saksi. Atas dasar hal itu, MFA memutuskan tak pulang ke rumah usai kejadian.

"Tim kemudian mendata dan mengetahui kendaraan tersebut beralamat di Senayan Jakarta Selatan, tim bergerak ke sana melakukan pengejaran. Saat sampai di kediaman, sang supir tidak ditemukan, tapi melalui orang tuanya kami ketahui posisinya," kata Yusri.

Polisi kemudian berhasil menemukan keberadaan MFA yang bersembunyi di salah satu mal di Jakarta. Polisi  bergerak ke sana untuk menciduk MFA.

"Kami amankan di salah satu parkiran mal. Ini perbuatan tersangka melanggar hukum. Kami lakukan pendalaman. Dia kami amankan di salah satu pusat perbelanjaan Jakarta Selatan," kata Yusri.

3. Pistol yang diacungkan ternyata airsoft gun

Setelah ditangkap, polisi kemudian segera melakukan pemeriksaan terhadap MFA. Salah satu yang saat itu langsung didalami adalah kepemilikan senjata api yang ia todongkan ke warga.

Namun dari hasil pemeriksaan itu, diketahui pistol tersebut adalah airsoft gun. Polisi juga menemukan kartu tanda anggota (KTA) Perbakin milik pria tersebut.

PB Perbakin memastikan yang bersangkutan bukan anggota Perbakin.

"Sudah saya pastikan bukan anggota Perbakin," kata Sekjen PB Perbakin Firtian Judiswandarta.

Firtian menyebut KTA yang beredar diduga milik pengemudi koboi tersebut berbeda dengan KTA PB Perbakin. Menurutnya, KTA tersebut milik Basis Shooting Club.

Fakta-Fakta Aksi Koboi Pengusaha Startup Acungkan Pistol di Duren Sawit

Tangkapan layar MFA mengacungkan pistol airsoft gun di kawasan Banjir Kanal Timur, Duren Sawit, Jakarta Timur pada Jumat  (2/4/2021) dinihari./Youtube

4. Pelaku merupakan wirausaha

Yusri Yunus mengatakan pengemudi Fortuner MFA bukan anggota kepolisian. Dari hasil pemeriksaan, diketahui pemuda itu merupakan pengusaha sebuah startup.

Dari informasi yang himpun, pengemudi Fortuner itu merupakan co-founder perusahaan teknologi finansial. Namun sampai saat ini pihak kepolisian belum membenarkan terkait informasi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.Co

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper