Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UTBK-SBMPTN 2021: UI, IPB, UNJ dan Unsoed Tambah Kuota

Banyak para pendaftar yang tak dapat kursi untuk ujian di domisilinya, sehingga harus ambil ujian di luar kota.
Gedung Rektorat Universitas Indonesia./Antara-Feru Lantara
Gedung Rektorat Universitas Indonesia./Antara-Feru Lantara

Bisnis.com, JAKARTA – Dalam dua hari ke depan pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) tahun 2921 ditutup. Namun, masih banyakpendaftar yang belum dapat kursi di pusat-pusat UTBK.

Berdasarkan pantauan di Twitter, banyak para pendaftar yang tak dapat kursi untuk ujian di domisilinya, sehingga harus ambil ujian di luar kota.

Menyusul hal tersebut, empat universitas sebagai pusat ujian UTBK akhirnya menambah kuotanya.

Terpantau melalui Instagram Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT), empat universitas yang menambah kuotanya adalah Universitas Indonesia (UI), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), dan Institut Pertanian Bogor (IPB).

“Bagi yang belum mendaftar di Pusat UTBK yang dimaksud silakan segera mendaftar,” tulis LTMPT melalui unggahan Instagram, Senin (29/3/2021).

Tercatat, sampai dengan 29 Maret pukul 09.00 sudah ada 632.077 pendaftar UTBK-SBMPTN. Sebanyak 625.450 siswa di antaranya sudah melakukan pembuatan akun permanen.

Bagi siswa yang sudah mendaftar diimbau segera melakukan permanen akun dan melakukan pendaftaran sampai langkah cetak kartu maksimal sampai dengan pukul 15.00 WIB pada 1 April 2021 mendatang

Jika dibagi berdasarkan jenis peserta, sebanyak 443.785 peserta mendaftar secara reguler, dan 188.202 peserta mendaftar melalui jalur Kartu Indonesia Pintar (KIP)-Kuliah. Pendaftar untuk jalur reguler sampai dengan Senin bertambah 34.947 orang, dan untuk KIP-Kuliah bertambah 13.018 orang.

Selanjutnya, berdasarkan kelompok ujian, terpantau peminat program studi saintek dan soshum nyaris sama banyak. Sebanyak 43,43 persen peserta atau 274.516 orang memilih Saintek, dan 48,61 persen peserta atau 307.240 orang memilih prodi soshum. Sementara 7,96 persen atau 50.321 orang sisanya memilih prodi campuran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper