Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sandiaga: Saya Tak Dukung Siapa pun di Pencalonan Kadin

Presiden Direktur Bakrie & Brothers Tbk. Anindya Bakrie mengunggah foto momen pertemuannya dengan Sandiaga Uno di kantor VIVA Group.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno / Youtube : Sekretariat Presiden RI
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno / Youtube : Sekretariat Presiden RI

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno memastikan tak berpihak kepada calon tertentu dalam bursa pemilihan calon Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) periode 2021-2026.

Ia juga menyebut pertemuannya dengan salah satu calon Ketua Umum Kadin, Anindya Bakri, pekan lalu tidak berhubungan dengan kontestasi tersebut.

“Saya tak dukung siapa pun di pencalonan Kadin, tapi mendukung agar Kadin bisa memberikan masukan yang independen ke pemerintah,” ujar Sandiaga Uno, dikutip dari tempo.co, Selasa (30/3/2021).

Merujuk bunyi Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1987 Kamar Dagang dan Industri, Sandiaga mengatakan Kadin memiliki peran sebagai mitra pemerintah untuk menggerakkan perekonomian negara. Selama ini, pemerintah terbantu oleh pelbagai terobosan yang dilaksanakan Kadin di sektor ekonomi beserta asosiasi-asosiasi di bawahnya.

Dengan demikian, Sandiaga berpendapat pemerintah semestinya tidak ikut dalam proses internal yang terjadi di organisasi tersebut. Ia memastikan akan fokus pada pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19 alih-alih menyatakan dukungan ke salah satu pihak.

“Kami tidak ingin ikut dalam proses yang terjadi di Kadin dan kami akan fokus ke pemulihan,” tutur dia.

Pekan lalu, Presiden Direktur Bakrie & Brothers Tbk. Anindya Bakrie mengunggah foto momen pertemuannya dengan Sandiaga Uno di kantor VIVA Group, Jakarta, melalui akun media sosial Instagram @anindyabakrie. Selain Sandiaga, pertemuan itu juga dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif periode 2014-2019, Arief Yahya.

Anindya menulis Sandiaga ingin berkolaborasi dengan Kadin untuk merealisasikan program-program terkait sertifikasi kesehatan CHSE. “Program bro Menteri sangat jelas dan akan kita dukung dengan sepenuh hati,” kata Anindya.

Ada 2 nama calon yang telah mendeklarasikan diri untuk berlaga dalam bursa pemilihan Ketua Umum Kadin. Mereka adalah Direktur Utama PT Indika Energy Tbk. Arsjad Rasjid dan Anindya Bakrie.

Baik Arsjad maupun Anindya, keduanya sudah bersafari menghimpun dukungan dari Kadin daerah dan asosiasi.

Selain dua nama tersebut, satu calon lainnya diperkirakan turut maju menjadi penantang dalam bursa pemilihan Kadin periode ini yaitu Ketua Umum Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia sekaligus Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia Haryadi Sukamdani. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper