Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Umumkan Putus Hubungan Diplomatik, Media Serbu Kedubes Korea Utara di Malaysia

Media lokal dan internasional berkumpul di depan Kedutaan Besar Korea Utara yang terletak di Jalan Batai dekat Royal Commonwealth Club pada Jumat (19/3/2021). Sayangnya, pihak kedutaan tidak memberikan pernyataan apapun.
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un/Bloomberg
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA- Sekelompok kecil media lokal dan internasional berkumpul di depan Kedutaan Besar Korea Utara yang terletak di Jalan Batai dekat Royal Commonwealth Club pada Jumat (19/3/2021), menyusul kabar bahwa Korea Utara ingin memutuskan hubungan dengan Malaysia.

Personel media datang paling cepat jam 09.00 waktu Malaysia untuk mengecek situasi dan apakah ada aktivitas di kedutaan atau tidak di sini.

Dikutip dari The Star, beberapa mobil terlihat meninggalkan area kedutaan tetapi tidak ada yang berhenti untuk berbicara kepada media. Videografer dan fotografer terus mengambil foto di sekitar gerbang kedutaan ketika kendaraan terlihat meninggalkan area tersebut,

Diketahui, pemerintah Malaysia akan segera mengeluarkan pernyataan tentang masalah tersebut.

Media pemerintah Korea Utara KCNA sebelumnya melaporkan bahwa mereka akan memutuskan hubungan diplomatik dengan Malaysia setelah pengadilan Kuala Lumpur memutuskan awal bulan ini untuk mengekstradisi salah satu warganya Mun Chol-myong ke Amerika Serikat (AS) untuk menghadapi tuduhan pencucian uang.

Laporan tersebut menyatakan bahwa kementerian luar negeri Korea Utara telah memperingatkan bahwa Washington akan membayar harga atas tindakannya.

Hubungan Malaysia dan Korea Utara memburuh setelah adik tiri Kim Jong-un dibunuh di Bandara Internasional Kuala Lumpur pada Februari 2017.

Akibatnya, Malaysia saat itu harus menghentikan kegiatan di Kedutaan Besarnya di Pyongyang. Pemerintah Malaysia sendiri belum memberikan komentar apapun terkait dengan pernyataan Korea Utara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hadijah Alaydrus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper