Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wapres Ma'ruf Soroti Kesenjangan Pendidikan di Jawa dan Luar Jawa

Wapres Ma'ruf Amin menyoroti kesenjangan kualitas pendidikan perguruan tinggi, antara pulau Jawa dan luar pulau Jawa.
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. JIBI/Bisnis-Nancy Junita @najwashihab
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. JIBI/Bisnis-Nancy Junita @najwashihab

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Presiden Ma’ruf Amin mendorong perguruan tinggi di Pulau Jawa agar bekerja sama dengan perguruan tinggi di luar Pulau Jawa untuk mengurangi kesenjangan kualitas pendidikan.

Hal tersebut disampaikan pada saat Wapres Ma'ruf Amin menerima kunjungan Rektor Universitas Indonesia Arie Kuncoro di Kediaman Resmi Wapres, Senin (8/3/2021).

Wapres mengatakan Universitas Indonesia (UI) sebagai lembaga pendidikan diharapkan dapat menghasilkan generasi unggul yang mampu membangun ketahanan dan kemandirian kesehatan Indonesia.

Wapres mengakui dalam pengembangan sumber daya manusia masih terdapat kesenjangan kualitas pendidikan perguruan tinggi, antara pulau Jawa dan luar pulau Jawa.

Untuk itu, adanya pandemi Covid-19 membuat pemerintah terus mengupayakan agar kesenjangan pendidikan tersebut dapat diminimalisir melalui kerja sama dengan perguruan tinggi di daerah.

“Jadi, pandemi ini mendorong ya. Mendorong banyak orang daerah yang ingin S2, ini sangat bermanfaat mereka dapat S2 dengan online. Bisa mengatasi problem selama ini antara masyarakat di pulau Jawa dan non pulau Jawa mengenai pendidikan. Semua universitas harus terbuka,” kata Wapres seperti dikutip dari keterangan resmi.

Perguruan tinggi berperan penting dalam menciptakan inovasi yang dapat bermanfaat pada masa pandemi Covid-19. Hal ini sesuai dengan upaya pemerintah untuk terus bergerak agar percepatan proses vaksinasi dan proyek inovasi di bidang kesehatan yang lain dapat tumbuh dan dijangkau oleh seluruh masyarakat Indonesia.

“Setelah ada metode swab, ada juga pengembangan obat herbal. Industri kesehatan kita tumbuh juga. Selain vaksin juga sudah dikembangkan Genose dari Universitas Gadjah Mada,” tutur Wapres.

Pada kesempatan tersebut Rektor Universitas Indonesia Arie Kuncoro menyampaikan rencana penyelenggaraan webinar sekaligus memohon kesediaan Wapres untuk dapat memberikan keynote speech dalam webinar yang akan diselenggarakan pada 25 Maret 2021 dengan topik Ketahanan dan Kemandirian Kesehatan Menuju Indonesia Emas 2045.

“Kami membuat webinar tanggal 25 (Maret 2021) tentang kesehatan. Pembicaranya ada Menteri Kesehatan, Menteri BUMN, Menteri Riset dan Teknologi, ada juga Dekan Fakultas Teknik. Kami mohon Pak Wapres untuk berkenan menjadi keynote speech pada acara tersebut,” ucap Ari.

Sebagai informasi, Majelis Wali Amanat (MWA UI) merupakan badan tertinggi di universitas yang mewakili kepentingan pemerintah, masyarakat, dan universitas.

MWA UI bertugas untuk menetapkan kebijakan umum universitas, mengangkat atau memberhentikan pimpinan universitas, melaksanakan fungsi pengawasan dan pengendalian umum atas pengelolaan universitas, dan melakukan penilaian kinerja pimpinan universitas.

Hadir dalam audiensi tersebut Rektor Universitas Indonesia Ari Kuncoro, Ketua Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia Saleh Husin, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Abdul Haris, dan Dekan Fakultas Kedokteran dr. Ari Fahrial Syam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nindya Aldila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper