Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ancaman Tsunami Berlalu, Warga Pesisir Selandia Baru Diperintahkan Pulang

Sistem peringatan tsunami AS juga sebelumnya melaporkan gempa tersebut dapat menyebabkan gelombang setinggi antara satu hingga tiga meter.
Danau Wakatipu di Queensland, Selandia Baru/Arif Budisusilo-Bisnis
Danau Wakatipu di Queensland, Selandia Baru/Arif Budisusilo-Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Ribuan orang yang sebelumnya dievakuasi dari kemungkinan tsunami setelah pesisir North Island Selandia Baru dihantam gempa bumi berkekuatan 8,1 Skala Richter, diizinkan kembali pulang setelah ancaman mereda.

Badan Manajemen Darurat Nasional (NEMA) Selandia Baru mengeluarkan peringatan nasional itu pada Jumat (5/3/2021) pagi setelah orang-orang di banyak daerah pesisir di Kawasan North Island diperintahkan meninggalkan rumah dan segera pindah ke tempat tinggi terdekat. Mereka sebelumnya disuruh pergi sejauh mungkin atau zona evakuasi tsunami.

Survei Geologi AS menyatakan gempa yang lebih besar, diikuti dua gempa yang lebih kecil, terletak di dekat Kepulauan Kermadec yang terpencil pada kedalaman 12 mil (19 km).

Sistem peringatan tsunami AS juga sebelumnya melaporkan gempa tersebut dapat menyebabkan gelombang setinggi antara satu hingga tiga meter di Niue, Kaledonia Baru dan Kepulauan Solomon seperti dikutip TheGurdian.com, Jumat (5/3/2021).

Namun, NEMA mengumumkan sekitar pukul 13.00 waktu setempat bahwa badan sains pemerintah telah menginformasikan bahwa gelombang terbesar telah lewat dan orang-orang diizinkan kembali ke rumah mereka dengan syarat mereka menghindari laut dan pantai.

“Lembaga Ilmu Pengetahuan GNS menyarankan bahwa gelombang terbesar sekarang telah berlalu, dan oleh karena itu tingkat ancaman sekarang diturunkan menjadi ancaman pantai dan laut untuk semua area yang sebelumnya berada di bawah ancaman darat dan laut,” menurut NEMA.

“Semua orang yang dievakuasi sekarang bisa kembali. Sarannya tetap, untuk semua area di bawah ancaman pantai dan laut, untuk menjauhi area pantai dan pantai. "

Radio Selandia Baru sebelumnya melaporkan bahwa Teluk Tolaga, timur laut Gisborne, adalah "kota hantu" saat penduduk menuju tempat yang lebih tinggi. Hari yang melelahkan bagi warga yang sebelumnya diminta mengungsi kemudian dibatalkan peringatannya, menurut laporan itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper