Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (kiri) meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dengan sistem 'drive thru' di Nusa Dua, Badung, Bali, Minggu (28/2/2021). Layanan vaksinasi dengan sistem 'drive thru' yang dilaksanakan Kementerian Kesehatan berkolaborasi dengan Grab dan Good Doctor tersebut merupakan layanan pertama yang dihadirkan di kawasan Asia Tenggara guna membantu mempercepat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Indonesia. - Antara
Premium

Vaksinasi Mandiri: Gotong Royong untuk Siapa?

28 Februari 2021 | 18:35 WIB
Apabila perusahaan swasta memang ingin membantu pemerintah, harusnya melakukan kemitraan untuk penanganan pandemi total, bukan hanya untuk para karyawannya saja. Pasalnya, setiap rakyat Indonesia berhak untuk mendapatkan vaksin, termasuk dari sisi jenis vaksin dan jenis layanan, yang disediakan oleh pemerintah untuk mengatasi pandemi Covid-19.

Bisnis.com, JAKARTA – Sah! Kementerian Kesehatan akhirnya mengeluarkan kebijakan vaksinasi Gotong Royong  yang ketentuannya diatur dalam Permenkes Nomor 10 Tahun 2021.

Program ini merupakan usulan dari pengusaha, katanya untuk mempercepat program vaksinasi yang sedang dilakukan pemerintah agar Indonesia bisa segera mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity.

Pada permenkes tersebut tertuang bahwa Vaksinasi Gotong Royong akan ditujukan hanya kepada karyawan/karyawati (buruh dan keluarga) yang pendanaannya ditanggung perusahaan.

Sesuai dengan anjuran pemerintah sebelumnya, seluruh penerima vaksin Gotong Royong tidak akan dipungut bayaran alias gratis.

Adapun, Vaksinasi Gotong Royong tidak akan diperbolehkan boleh menggunakan vaksin yang sudah dan akan digunakan pemerintah, yakni Sinovac, AstraZeneca, Novavax, dan Pfizer.

Vaksinasi juga baru akan berlangsung, jika vaksin yang diperbolehkan dibeli oleh perusahaan sudah tersedia. Namun, Kementerian Kesehatan tetap akan bekerja sama dan turun tangan mengelola vaksinasi Gotong Royong.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top