Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Presiden Joko Widodo (tengah) memimpin rapat kabinet terbatas mengenai percepatan penanganan dampak pandemi COVID-19 di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (29/6/2020). - ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Premium

Babak Baru ‘Minta Kritik’ ala Presiden Jokowi

18 Februari 2021 | 15:44 WIB
Presiden Jokowi menegaskan pemerintah membuka peluang terhadap revisi UU ITE apabila keberadaan UU tersebut dirasa belum dapat memberikan rasa keadilan.

Bisnis.com, JAKARTA - Pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sambutannya pada acara peluncuran laporan tahunan Ombudsman RI, Senin 8 Februari lalu mengundang polemik. Saat itu, Jokowi meminta agar masyarakat lebih aktif menyampaikan kritik dan masukan kepada pemerintah.

Jokowi meminta masyarakat memberikan kritik demi perbaikan pelayanan publik. “Masyarakat harus lebih aktif menyampaikan kritik masukan ataupun potensi maladministrasi, dan para penyelenggara pelayanan publik juga harus terus menunjukkan upaya perbaikan-perbaikan," kata Jokowi.

Jokowi menyatakan pemerintah membutuhkan partisipasi dari seluruh elemen masyarakat dan juga memerlukan pengawasan dari Ombudsman RI baik berupa input, kritik dan dukungan agar pelayanan publik Indonesia semakin berkualitas.

Ada pihak yang merespons positif pernyataan Jokowi, tapi tak sedikit juga yang malah menyampaikan sindiran, bahkan mengaku takut untuk menyampaikan kritik ke pemerintah.

Pernyataan ini kemudian tersebar luas. Bahkan mengundang perhatian sejumlah kalangan, termasuk para mantan pejabat negara. Sebut saja Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Lima hari usai pernyataan Presiden, SBY bernyanyi di Twitter soal obat dan gula. Dia menggunakan istilah obat sebagai kritik dan gula untuk menggambarkan sebuah pujian.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

BisnisRegional

To top