Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Suu Kyi Dikenai Tuduhan Baru, AS dan Inggris Kecam Militer Myanmar

Suu Kyi dikenai tuduhan melanggar undang-undang manajemen bencana negara itu, sementara Presiden Win Myint dianggap melanggar protokol kesehatan.
Aung San Suu Kyi/Reuters
Aung San Suu Kyi/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Militer Myanmar menuai kecaman internasional setelah mengajukan tuduhan baru terhadap pemimpin sipil yang digulingkan Aung San Suu Kyi.

Di sisi lain, para jenderal melanjutkan pemutusan akses internet hingga malam ketiga untuk meredam pemberontakan anti-kudeta.

Dalam dua minggu sejak militer menggulingkan Aung San Suu Kyi dan menjadikannya tahanan rumah di ibu kota administratif Naypyidaw, warga di kota-kota besar dan komunitas desa yang terisolasi sama-sama melakukan perlawanan secara terbuka.

Militer membenarkan perebutan kekuasaannya dengan menuduh kecurangan pemilu yang meluas pada November yang dimenangkan oleh partai Aung San Suu Kyi.

Setelah penahanannya dalam serangan fajar pada kudeta militer 1 Februari, Suu Kyi dikenai tuduhan berdasarkan undang-undang impor dan ekspor yang tidak jelas. Dia dituduh memiliki walkie talkie impor yang ditemukan di rumahnya saat penggeledahan.

Pengacara Suu Kyi mengatakan dia dikenai tuduhan kedua karena melanggar undang-undang manajemen bencana negara itu.

"Dia didakwa berdasarkan pasal 8 undang-undang Ekspor dan Impor dan pasal 25 undang-undang Penanggulangan Bencana Alam," kata Khin Maung Zaw seperti dikutip ChannelNewsAsia.com, Rabu (17/2/2021).

Meskipun tidak jelas bagaimana undang-undang bencana diterapkan dalam kasus Aung San Suu Kyi, undang-undang tersebut telah digunakan untuk menggulingkan presiden Win Myint yang juga ditangkap pada 1 Februari.

Myint dianggap melanggar protokol kesehatan terkait virus Corona saat acara kampanye.

Khin Maung Zaw menambahkan bahwa Aung San Suu Kyi dan Win Myint, yang keduanya belum pernah dihubungi, diharapkan muncul melalui konferensi video selama uji coba 1 Maret.

Amerika Serikat mengatakan "terganggu" oleh tuduhan baru itu dan meminta pembebasan Aung San Suu Kyi.

"Kami menyerukan kepada militer Myanmar untuk segera membebaskan semua pemimpin sipil dan politik yang ditahan secara tidak adil. Begitu juga dengan para jurnalis dan aktivis hak asasi manusia serta anggota masyarakat sipil lainnya dan memulihkan pemerintah yang dipilih secara demokratis," ujar juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price kepada wartawan.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson juga menyuarakan kecaman. Dia menyebut tuduhan terhadap Aung San Suu Kyi "dibuat-buat" dan "jelas-jelas melanggar hak asasi manusia".

"Kami mendukung rakyat Myanmar dan akan memastikan mereka yang bertanggung jawab atas kudeta ini dimintai pertanggungjawaban," kata Johnson.

Lebih dari 420 orang telah ditangkap sejak kudeta, menurut daftar penahanan yang dikonfirmasi dari kelompok pemantau Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik.

Juru bicara militer Zaw Min Tun mengatakan bahwa Aung San Suu Kyi dan Win Myint berada di "tempat yang lebih aman" dan "dalam kesehatan yang baik".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Sumber : ChannelNewsAsia.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper