Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menkes: Pedagang di 153 Pasar Jabodetabek akan Divaksin Covid-19

Menkes Budi Gunadi Sadikin menyatakan kegiatan vaksinasi Covid-19 akan disebar ke 153 titik pasar di seluruh Jabodetabek.
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin - Youtube Sekretariat Presiden
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin - Youtube Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan sudah memulai pelaksanaan vaksinasi tahap kedua untuk petugas pelayanan publik pada hari ini, Rabu (17/2/2021).

Vaksinasi Covid-19 tahap kedua dilakukan dengan pilot project kepada para pedagang pasar, rencananya kegiatan vaksinasi juga akan disebar ke 153 titik pasar di seluruh Jabodetabek.

Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa pada hari ini di Pasar Tanah Abang yang akan divaksin adalah pedagang di 5 blok. Adapun, sampai hari ini sudah didata ada 9.700-an calon penerima vaksin di Pasar Tanah Abang. “Kita harapkan dalam 5 hari selesai semua,” kata Budi.

Menkesn menyatakan karena sudah mendapatkan izin dari BPOM, maka bahan vaksin Covid-19 dari Sinovac yang sudah diolah PT Bio Farma (Persero) sudah bisa diberikan, termasuk kepada ke lansia.

“Jadi semuanya sudah boleh. Jadi hari ini lansia, dan petugas publik akan mulai divaksin hari ini. Tadi pagi pak Wapres juga sudah divaksin usia 80 tahun, harapannya bisa jadi motivasi para lansia untuk divaksinasi,” jelasnya.

Adapun, Kemenkes menargetkan untuk pedagang ada 55.000 orang. Namun, itu hanya data awal dan Kemenkes terbuka jika ada yang belum terdaftar untuk mendaftar diri.

Kemenkes juga menargetkan vaksinasi kepada pedagang pasar bisa dilakukan dalam lima hari. Namun, apabila dibutuhkan untuk diperpanjang, Kemenkes sudah bersiap.

Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes dr Maxi Rein Rondonuwu menambahkan, di Jakarta sendiri ada 153 titik pasar. Di Pasar Tanah Abang sudah tersedia 40 orang vaksintor.

Untuk vaksinasi di lokasi-lokasi lainnya Kemenkes juga bekerja sama dengan TNI dan Polri untuk melakukan penyuntikkan.

Lebih lanjut, Maxi menyebutkan di Pasar Tanah Abang telah disediakan 10.000 dosis vaksin.

“Dengan ada 9.700-an pendaftar harapannya cukup, berapapun dibutuhkan kita sediakan. Hari ini disediakan 10.000, tapi harus diatur supaya penyuntikkannya secara bertahap supaya tida terjadi penumpukkan, per hari 2.000 orang,” jelasnya.

Setelah divaksin, penerima vaksin akan diminta menunggu 30 menit di ruang observasi, setelah itu bisa kembali ke tempat berjualan.

Mengutip Presiden Joko Widodo, Maxi mengatakan pedagang harus didahulukan karena mereka setiap hari berinterkasi dengan banyak orang. Harapannya vaksinasi bisa melindungi mereka terhindar dari Covid-19.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper