Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cek Fakta: WHO Anjurkan Masyarakat Tak Lagi Gunakan Masker

Beredar informasi di Facebook mengenai seruan WHO yang menyebut masyarakat tidak perlu memakai masker pada masa pandemi Covid-19.
Masker N95
Masker N95

Bisnis.com, JAKARTA - Beredar sebuah informasi di media sosial Facebook yang menyebut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengeluarkan anjuran untuk tidak memakai masker pada masa pandemi Covid-19.

Seruan itu disebutkan dikeluarkan saat WHO menggelar konferensi pers pada 22 Januari 2021. Lantas benarkah WHO mengeluarkan seruan tersebut?

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melalui situs resminya, Kamis (11/2/2021) menyatakan bahwa faktanya informasi yang beredar di Facebook itu adalah keliru.

Dilansir AFP, WHO memang benar mengadakan konferensi pers pada tanggal tersebut, 22 Januari 2021. Namun, tidak ditemukan narasi adanya anjuran untuk tidak memakai masker pada masa pandemi.

Dalam konferensi pers tersebut Pimpinan Teknis WHO untuk Covid-19, Maria Van Kerkhove justru menyebut bahwa masker adalah salah satu aspek pengendalian dan salah satu aspek untuk mengurangi penyebaran virus, namun masker tidak dapat berdiri sendiri.

Sebagaimana panduan pencegahan virus Corona (Covid-19) yang dikeluarkan WHO, selain masker, masyarakat juga harus menjaga jarak secara fisik, menjaga ruangan berventilasi baik, menghindari kerumunan, membersihkan tangan dan batuk ke siku atau tisu yang tertekuk.

“Masker harus digunakan sebagai bagian dari strategi komprehensif untuk menekan penularan dan menyelamatkan nyawa; penggunaan masker saja tidak cukup untuk memberikan tingkat perlindungan yang memadai terhadap Covid-19," ujar Van Kerkhove seperti dikutip dari AFP.

KATEGORI: Disinformasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper