Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dukung Palestina, Menlu Retno Temui Menlu Riyad al-Maliki Hari Ini

Indonesia berharap tahun ini menjadi tahun yang lebih baik bagi upaya meraih kemajuan yang signifikan dalam mencapai solusi yang langgeng dan berkeadilan atas masalah Palestina
Menteri Luar Negeri Retno/Antara-Muhammad Adimaja
Menteri Luar Negeri Retno/Antara-Muhammad Adimaja

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan harapannya terhadap perdamaian di Palestina.

Hal itu disampaikan terkait rencana pertemuannya dengan Menteri Luar Negeri Palestina Riyad al-Maliki, Rabu (10/2/2021).

Dalam press briefing yang disiarkan langsung dari Amman, Selasa (9/2/2021), Menlu Retno mengatakan dirinya menyambut baik pertemuan darurat Liga Arab yang dilaksanakan di Kairo, Mesir yang menunjukkan dukungan kuat kepada rakyat Palestina.

“Dukungan Indonesia untuk perjuangan Palestina tidak tergoyahkan. Indonesia berharap tahun ini menjadi tahun yang lebih baik bagi upaya untuk meraih kemajuan yang signifikan dalam mencapai solusi yang langgeng dan berkeadilan atas masalah Palestina,” katanya.

Menlu Retno bertolak ke Amman, Yordania pada Senin (8/2/2021). Setiba di Amman dia melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Yordania Ayman Safadi dan Menteri Ekonomi Yordania pada Selasa. Pertemuan dilanjutkan dengan berdiskusi bersama Menteri Luar Negeri Palestina Riyad al-Maliki pada hari ini.

Perlu diketahui, salah satu agenda besar pertemuan Liga Arab di Kairo pada Selasa adalah membahas rencana pemilihan umum, terasib peserta pemilu Palestimasuk nna di Yerusalem Timur yang diduduki Israel.

Rencananya, pemilu pertama yang dilakukan dalam 15 tahun terakhir ini akan dilaksanakan pada 22 Mei untuk pemilihan legislatif dan pemilihan presiden pada 31 Juli.

Indonesia menjadi salah satu negara yang mendukung resolusi perdamaian di Palestina dan menyatakan dukungan terhadap kemerdekaan Palestina berdasarkan two state solution dan parameter internasional lain yang telah disepakati.

Desember lalu Menlu Retno telah menegaskan tidak ada niatan Indonesia untuk membuka hubungan diplomatik dengan Israel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nindya Aldila
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper