Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Samai SBY dan Jokowi, Doni Monardo Dapat Penghargaan Ini dari Dewan Pers

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dianggap berperan penting dalam membangun kerja sama dengan perusahaan pers dan wartawan di tengah pandemi Covid-19.
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo - Istimewa
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo menerima mendali emas Dewan Pers yang diserahkan dalam peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021.

Dalam kondisi masih menjalani isolasi mandiri, Doni yang juga merupakan Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 ini, mengikuti rangkaian HPN 2021 secara virtual, Selasa (9/2/2021).

“Ini bukan medali emas untuk saya pribadi, tetapi medali emas untuk tim yang telah bekerja sama sejak awal pandemi Covid-19, selama penanganan, dan ke depan. Pers adalah bagian penting yang tidak pernah saya tinggalkan,” demikian pernyataan Doni Monardo yang disampaikan Egy Massadiah, Tenaga Ahli yang juga Staf Khusus Kepala BNPB.

Doni menyebut penghargaan itu sebagai 'Medali Emas Pentahelix'. Pentahelix merupakan lima unsur kekuatan dalam pembangunan, yakni pemerintah/pemerintah daerah, akademisi, pengusaha, komunitas/masyarakat, dan media.

“Tak terkecuali dalam penanganan Covid-19, media menjadi salah satu ujung tombak,” ujar Doni.

Egy Massadiah menambahkan bahwa dalam banyak kesempatan, 63 persen keberhasilan pengendalian pandemi berada di tangan media. Terbukti, pengetahuan masyarakat tentang Covid-19 maupun pengetahuan masyarakat tentang 3M yakni ada di atas 65 persen secara nasional, kendati angka itu tidak paralel dengan tingkat kepatuhan.

Sementara itu, Ketua Dewan Pers M. Nuh menilai Doni Monardo berjasa dan berperan penting dalam membangun kerja sama dengan perusahaan pers dan wartawan melalui sejumlah program terkait sosialisasi penanggulangan pandemi virus Corona.

Salah satunya adalah Fellowship Jurnalisme Perubahan Perilaku (FJPP) yang diikuti sekitar 5.000 wartawan, berlangsung sejak Oktober hingga Desember 2020 dan akan dilanjutkan tahun 2021.

Terpisah, Anggota Dewan Pers, Agus Sudibyo mengatakan pemberian Medali Emas Dewan Pers kepada Doni Monardo merupakan bentuk penghargaan masyarakat pers Indonesia atas kepedulian terhadap pers.

“Pak Doni telah membantu pers melalui FJPP. Itu sangat membantu dan sangat diapresiasi. Program yang bagus ini harus dilanjutkan,” jelasnya.

Agus mengatakan, penerima medali emas sebelumnya, antara lain Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Joko Widodo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper