Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Vaksinasi Covid-19, Lansia Tak Rasakan Efek Samping

Kemnkes menyebut ada sekitar 11.000 tenaga kesehatan yang berusia di atas 60 tahun yang akan mendapatkan vaksinasi Covid-19.
Tim Vaksinasi Covid-19./Dok. Satgas Covid-19
Tim Vaksinasi Covid-19./Dok. Satgas Covid-19

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah mulai vaksinasi Covid-19 perdana untuk lansia hari ini, Senin (8/2/2021). Penerima vaksinasi mengaku tak merasakan efek samping apapun.

Vaksinasi Covid-19 perdana bagi masyarakat berusia di atas 60 tahun ini digelar untuk tenaga kesehatan di RSUP Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM). Per hari ini vaksinasi dilakukan kepada 15 dokter.

Jubir vaksinasi Covid-19 dr. Siti Nadia Tarmizi mengatakan vaksinasi untuk usia di atas 60 tahun ini adalah komitmen dari pemerintah untuk melindungi khususnya kelompok atau populasi yang memiliki angka mortalitas dan morbiditas yang sangat tinggi.

“Harapan kami tentunya dengan pelaksanaan vaksinasi ini akan ada sekitar 11.000 tenaga kesehatan yang berusia di atas 60 tahun yang bisa kebal yang kita berikan perlindungan,” kata Nadia seperti dikutip dari keterangan resmi Kemenkes, Senin (8/1/2021).

Direktur Utama Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo, dr. Lies Dina Liastuti, SpJP(K) mengatakan peserta vaksinasi ini adalah para guru besar yang merupakan tenaga pendidik pelayanan spesialis.

Salah satu penerima vaksin Covid-19 berusia 69 tahun, Ali Baziad mengaku setelah divaksinasi Covid-19 tidak merasakan gejala apapun.

“Setelah divaksin saya merasa tidak ada apa-apa semuanya baik, lancar tidak ada merasakan apa-apa. Saya mengundang kepada dokter Lansia sebaiknya melakukan vaksin dan juga pada masyarakat umum yang sudah di atas 60 tahun jangan khawatir untuk divaksinasi,” kata 

Hal yang sama dirasakan Hindra Irawan Satari, Ketua Komnas KIPI yang berusia 66 tahun. Dia mengatakan setelah setelah divaksin sampai setelah diobservasi tidak merasakan gejala apapun.

“30 menit observasi telah lewat tidak terasa apapun baik setelah disuntik dan selama masa observasi. Akhirnya Lansia juga bisa divaksinasi karena sudah terbukti dari data-data yang ada di berbagai dunia penelitian bahwa vaksin Sinovac aman untuk diberikan pada usia diatas 60 tahun,” tutur Hindra.

Dia mengimbau kepada penerima vaksin Covid-19 agar kontrol ke fasilitas kesehatan usai menerima Vaksin Covid-19.

Seperti diketahui, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah menyetujui penggunaan vaksin Covid-19 Sinovac untuk lansia pada Minggu (7/2/2021). Sebelumnya, vaksin tersebut hanya bisa digunakan kepada masyarakat berusia 18-59 tahun.

Adapun, interval pemakaian vaksin adalah 0 - 28 hari untuk penyuntikkan vaksin pertama dan kedua, berbeda dari interval 0-14 hari, seperti vaksin yang diterima Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper