Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Juru Wabah Pandu Riono Geram, Sebut Ide Vaksin Mandiri Covid-19 Tak Waras

Ide vaksin Covid-19 mandiri itu disampaikan oleh ketua Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) yang bertemu dengan Luhut.
Pandu Riono. JIBI/Bisnis-Nancy Junita
Pandu Riono. JIBI/Bisnis-Nancy Junita

Bisnis.com, JAKARTA – Juru wabah yang juga epidemiolog dari Universitas Indonesia (UI), Pandu Riono, mengatakan pencetus ide vaksin Covid-19 mandiri dalam keadaan tidak waras saat menyampaikan hal itu kepada pemerintah, dalam hal ini Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut Pandjaitan.

Dipantau, Jumat (5/2/2021),  akun Twitter @drpriono1, mencuit bahwa,  epidemiolog yang mencetuskan ide vaksin mandiri itu dalam dua situasi.

Pertama, kondisi tidak waras. Kedua, dalam kondisi waras, tapi tidak punya etika kesehatan publik.

Geramnya, ujar Pandu, ide vaksin Covid-19 mandiri itu disampaikan oleh ketua Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) yang bertemu dengan Luhut pada Kamis (4/2/2021).

Seperti diketahui, Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Luhut B Pandjaitan mengajak rapat para epidemiolog secara virtual.

Pemerintah ingin mendengarkan masukan dari para pakar epidemiologi untuk mengatasi penularan Covid-19 di Indonesia.

Ide vaksin mandiri ini juga dikritisi oleh warganet Joel Picard @sociotalker yang mencuit, bahwa  ada epidemiolog yang pro-vaksin mandiri.

Hal itu dinilainya menarik sekali, dan dirinya ingin tahu latar belakang pendidikan kesehatan masyarakat yang dimiliki sang pencetus ide.

“Jadi ingin tahu, sekolah kesehatan masyarakat yang beraliran neoliberal di mana ya? Pasti buku wajibnya bukan John Snow, tapi Milton Friedman,” cuitnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper