Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kominfo Catat Ada 1.402 Hoaks Covid-19 Dalam Sepekan

Kemkominfo sudah melakukan inisiatif untuk melawan konten-konten hoaks mulai dari hulu sampai hilir.
Hoax/Istimewa
Hoax/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Selama sepekan, dari 23 Januari hingga 1 Februari 2021, Kementerian Komunikasi dan Informatika mencatat ada 1.402 kabar bohong atau hoaks terkait Covid-19.

Hoaks tersebut tersebar di media sosial maupun aplikasi berbagi pesan.

Khusus untuk vaksin, Kemkominfo menangani 97 temuan hoaks terkait vaksin Covid-19 hingga 1 Februari 2021.

Koordinator Pengendalian Internet Ditjen APTIKA Kemkominfo Anthonius Malau menyampaikan bahwa Kemkominfo sudah melakukan inisiatif untuk melawan konten-konten hoaks mulai dari hulu sampai hilir.

“Di hulu kita memperkuat kapasitas masyarakat melalui program literasi digital yang kita sebut Siberkreasi. Tujuannya adalah untuk membekali masyarakat dengan keterampilan untuk mengetahui dan memilih konten yang benar,” paparnya dalam Keterangan Pers yang diselenggarakan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Selasa (2/2/2021).

Lebih lanjut, Anthonius mengatakan di antara hulu dan hilir Kemkominfo melakukan upaya pendekatan kepada platform media sosial untuk melakukan penurunan (take down) konten hoaks tersebut.

Sementara itu, di hilir dilakukan langkah terakhir, ada yang sampai berujung ke penegakan hukum.

“Khusus untuk kasus hoaks Covid-19, ada 104 yang telah dibawa ke ranah hukum,” kata Anthonius.

Selain itu, Kominfo bekerja sama dengan media massa untuk melakukan pengecekan fakta. Menurutnya, pada umumnya media massa memberikan informasi yang dapat dipertanggungjawabkan, karena memiliki proses yang berujung pada kebenaran.

Kemkominfo turut bekerja sama dengan platform media sosial untuk melakukan cek fakta dan memberikan literasi digital kepada masyarakat.

Di samping itu, ujarnya, perlu peran masyarakat untuk mewaspadai berita yang provokatif dan tidak mudah mempercayai berita-berita hoaks.

“Diharapkan masyarakat mampu memeriksa dua hal, pertama apakah sumber valid atau tidak, kedua cek keaslian fakta dan fotonya. Kemudian kami pun mengharapkan masyarakat melaporkan hoaks ke kanal yang kami sediakan ada di nomor WA 08129224545 yang kami buka 24 jam,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper