Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

MK Gelar 22 Sidang Lanjutan Gugatan Pikada 2020 Hari Ini

Agenda sidang hari ini MK akan menerima dan mendengarkan jawaban dari pihak termohon dan Badan Pengawas Pemilu termasuk pengesahan alat bukti.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 01 Februari 2021  |  10:35 WIB
Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman membacakan putusan sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Presiden dan Wakil Presiden 2019 di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Kamis (27/6/2019). - ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak
Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman membacakan putusan sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Presiden dan Wakil Presiden 2019 di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Kamis (27/6/2019). - ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak

Bisnis.com, JAKARTA -- Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar sidang untuk 22 permohonan perselisihan hasil pemilihan kepala daerah (Pilkada 2020) dalam tiga panel di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Senin (1/2/2021).

Dikutip dari jadwal persidangan resmi MK, agenda sidang hari ini adalah menerima dan mendengarkan jawaban dari pihak termohon dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) serta pengesahan alat bukti.

Adapun panel 1 akan menggelar 2 persidangan PHPKada untuk pemilihan gubernur (Pilgub) Sumatra Barat, pemilihan bupati (Pilbub) Kima Puluh Kota, Pilbub Padang Pariaman, Pilbub Pesisir Selatan, Pilbub Sijunjung, Pilbub Solok.

Sementara panel 2, hakim konstitusi akan menggelar persidangan untuk PHPKada Kabupaten Musi Rawas, Pilgub Jambi, pemilihan Wali Kota Sungai Penuh, Pilbub Penukal Abab Lematang Ilir, Pilgub Kalimantan Selatan, Pilbub Banjar dan Pilwakot Banjarmasin.

Sedangkan untuk panel 3, MK akan kembali menggelar persidangan untuk gugatan Pilbub Sumba Barat, Pilbub Malaka, Pilbub Manggarai Barat, Pilbub Yalimo, Pilwakot Balikpapan,  dan 2 gugatan Pilbub Waropen.

Total, sebanyak 132 permohonan perselisihan hasil pemilihan kepada daerah yang sudah diregistrasi Mahkamah Konstitusi. Jumlah itu melonjak dibandingkan dua gelaran pilkada sebelumnya.

Pada pekan lalu, hakim konstitusi telah selesai melakukan persidangan dengan agenda pemeriksaan permohonan perselisihan Pilkada 2020.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mahkamah konstitusi Pilkada 2020
Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top